Merek Mobil Terlaris Sepanjang Juni di RI, BMW Ketendang Mercy

Merek Mobil Terlaris Sepanjang Juni di RI, BMW Ketendang Mercy
Ilustrasi, peluncuran BMW X1 versi terbaru di Jakarta, 1 November 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil ke konsumen (ritel) di Indonesia sepanjang bulan Juni melonjak  74,8% menjadi 29.862 unit, dan penjualan ke diler (wholesales) meroket 255% dibanding bulan sebelumnya, menjadi 12.623 unit. Sejumlah merek yang selama ini menjadi merek terlaris tetap bertahan, ada pula yang tergeser,

Urutan terlaris di daftar penjualan mobil tersebut mengacu pada penjual riil yakni penjualan ke konsumen (ritel), dan tidak termasuk kendaraan komersial. Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menunjukkan, selama bulan keenam tersebut Toyota membukukan penjualan ritel sebanyak 11.196 unit, dan sekaligus tetap bercokol di urutan pertama.

Sementara, Mazda yang berada di urutan ke-10, menorehkan penjualan ritel sebanyak 102 unit. Namun, yang menarik adalah posisi Wuling Motors yang kini menapak urutan ke-6 dengan penjualan ritel sebanyak 302 unit. Dia bertengger di atas Nissan yang pada bulan tersebut berdiam di urutan ke-7 dengan total ritel 276 unit.

Catatan yang tak kalah menarik di daftar 10 merek terlaris itu adalah, keberadaan dua merek mobil mewah asal Jerman yakni Mercedes-Benz (Mercy) dan Bayerische Motoren Werke (BMW). Mercy bertengger di urutan ke-8 dengan total ritel 138 unit dan BMW  di bawahnya karena hanya menjual sebanyak 125 unit.

Ilustrasi mobil mewah, emblem Mercedes-Benz

Secara lengakp di daftar penjualan bulan Juni itu adalah, posisi pertama hingga kelima ditempati oleh Toyota, Daihatsu, Suzuki, Honda, dan Mitsubishi Motors. Rincian penjualannya, Toyota 11.196 unit, Daihatsu 5.558 unit, Suzuki 4.206 unit, Honda 2.488 unit, dan Mitsubishi Motors 1.689 unit.

Tetapi, yang perlu dicatat, dalam daftar yang disodorkan Suzuki ke Gaikindo ini ternyata campuran, karena di dalamnya terdapat pikap New Carry. Bahkan porsi kendaraan kendaraan niaga itu justeru yang mayoritas. Bahkan jauh di atas jumlah penjualan kendaraan penumpang.

Hal iru diakui 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra. Dengan tegas dia menyatakan, penjualan Suzuki di bulan Juni ini, yang terbanyak dibukukan pikap Suzuki New Carry. “Kontribusi terbesar terhadap peningkatan pangsa pasar retail sales ini berasal dari New Carry Pick Up sebesar 56,8%. Setelah itu disusul XL7 sebesar 13,5% dan All New Ertiga yang juga mendongkrak peningkatan pangsa pasar dengan kontribusi 12,1%,” ujar Donny dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (20/7/2020).

Ilustrasi, peluncuran Suzuki XL7 – dok.Motoris

Adapun model-model lain seperti SX4 S-Cross, New Baleno, Jimny dan New Ignis hanya memberi kontribusi 10,1% dari total penjualan Suzuki di bulan tersebut. “Merujuk pada data di atas, di masa transisi ini penggunaan kendaraan komersial, seperti New Carry Pick Up, terus meningkat melebihi penggunaan kendaraan penumpang,” ungkap Donny.(Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS