Ini Low MPV dengan Penjualan ke Diler Terbanyak di Juni

Ini Low MPV dengan Penjualan ke Diler Terbanyak di Juni
Ilustrasi, Mitsubishi Xpander versi facelift - dok.MMKSI

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil baik ke konsumen secara langsung (ritel) maupun penjualan grosir ke diler (wholesales) sepanjang bulan Juni dinyatakan melonjak dibanding bulan sebelumnya. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, ritel di bulan keenam itu melonjak 74,8% dibanding bulan sebelumnya menjadi 29.862 unit, dan wholesales meroket 255% menjadi 12.623 unit.

Ihwal melonjaknya penjualan tersebut (baik ritel maupun wholesales), Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto menyebut, hal itu dipicu oleh pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku di sejumlah daerah, khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak April lalu. “Karena PSBB dibuka, kegiatan masyarakat, termasuk di diler juga kembali mulai normal,” ujar dia saat dihubungi di Jakarta, akhir pekan lalu.

Hanya, dia mengaku belum bisa memastikan apakah kenaikkan tersebut dipicu oleh tingginya permintaan di bulan Juni karena daya beli yang kembali membaik atau bukan. Terlebih, sebagian dari penjualan yang dicatatkan itu disebut sebagai bagian dari pengiriman unit yang dipesan atau dibeli bulan sebelumnya.

Toyota Avanza untuk pasar ekspor – dok.Motoris

Tetapi, dia tak memungkiri pengiriman ke diler (wholesales) naik, karena kembali aktifnya kegiatan di diler dan pabrik milik merek-merek yang ada di Tanah Air. Dan bicara soal wholesales ini, juga menarik menilik penjualan segmen Low MPV yang dikenal sebagai mobil paling favorit masyarakat Indonesia.

Data Gaikindo menunjukkan, wholesales Low MPV sepanjang Juni tercatat sebanyak 814 unit. Jumlah ini bertambah 447 unit dibanding wholesales sepanjang bulan Mei yang sebanyak 367 unit.

Pada bulan keenam ini, Toyota Avanza terjual terbanyak ke diler yakni sebanyak sebanyak 401 unit. Dia disusul Mitsubishi Xpander 205 unit, Suzuki Ertiga 119 unit, dan Nissan Livina sebanyak 51 unit. Kemudian Wuling Confero membukukan penjualan 18 unit, Daihatsu Xenia 11 unit, Renault Triber 7 unit, serta Honda Mobilio 2 unit.

Ilustrasi, Honda Mobilio versi baru – dok.Motoris

Sementara, di bulan Mei Avanza menorehkan angka wholesales 91 unit, Mitsubishi Xpander 173 unit, Suzuki Ertiga 79 unit, serta Nissan Livina 6 unit. Sedangkan – bulan yang sama – wholesales Wuling Confero 6 unit, Daihatsu Xenia nihil alias nol, Renualt Riber 12 unit, dan Honda Mobilio nihil alias tak terjual ke diler. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This