Penjualan LCGC ke Diler Semester Pertama, Daihatsu Sigra Juaranya

Penjualan LCGC ke Diler Semester Pertama, Daihatsu Sigra Juaranya
Daihatsu Sigra - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Paralel dengan dengan penjualan mobil dari pabrik ke diler (grosir alias wholesales) sepanjang Januari – Juni tahun ini yang ambrol 46% yakni dari 463.648 unit menjadi 260.933 unit, wholesales mobil murah ramah lingkungan (LCGC) juga demikian. Total pengiriman LCGC ke diler sepanjang periode itu rontok 45%, karena hampir semua merek pemilik mobil tersebut juga mencatatkan penurunan.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di enam bulan pertama tahun ini total wholesales LCGC hanya sebanyak 54.726 unit. Padahal, di rentang waktu sama tahun 2019 masih sebanyak 100.779 unit.

Fakta berbicara, kendati di tengah pandemi virus corona yang menonjok pasar kendaraan bermotor di Tanah Air , ternyata penjualan ke diler LCGC Daihatsu Sigra – meski di bulan Juni PT Astra Daihatsu Motor tak membukukan wholesales alias nihil – masih yang terbanyak. Jumlahnya 14.140 unit.

Ilustrasi, LCGC Honda Brio Satya – dok.Motoris

Walau, angka tersebut ambrol 46% dibanding enam bulan pertama tahun lalu yang masih sebanyak 26.223 unit. Sigra mengungguli Honda Brio Satya yang bertengger di urutan kedua dengan total 13.795 unit atau anjlok 40% dibanding tahun lalu yang sebanyak 23.338 unit.

Toyota Calya, harus puas bercokol di posisi ketiga karena hanya membukukan penjualan sebanyak 12.585 unit. Dia disusul Daihatsu Ayla yang menempati poisisi ke-4 dengan penjualan sebanyak 7.132 unit.

Kemudian kembaran Ayla yakni Toyota Agya berdiam di rangking kelima dengan total penjualan 6.037 unit. Dia disusul secara berturut Suzuki Wagon R yang dikirim ke diler sebanyak 737 unit, Datsun Go Panca 215 unit, dan Datsun Go+ Panca dengan wholesales 85 unit. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS