Susul Jebloknya Penjualan, Mitsubishi akanTutup Pabrik Pajero

Susul Jebloknya Penjualan, Mitsubishi akanTutup Pabrik Pajero
Mitsubishi Pajero model 2020 - dok.Istimewa via Whichcar

Tokyo, Motoris – Mitsubishi Motors Corportaion (Mitsubishi) dikabarkan tengah menimbang-nimbang keputusan untuk menutup pabrik milik anak perusahaannya – Pajero Manufacturing Company – yang berlokasi di Prefektur Gifu, Jepang tengah. Langkah itu akan diambil demi efisiensi biaya menyusul amblesnya pejualan pabrikan.

Seperti dilaporkan laman Nippon, Japan News, dan Reuters, Kamis (23/7/2020) kabar tersebut diungkap salah satu sumber terpercaya di pabrikan, pada Rabu (22/7/2020). “Rencana penutupan pabrikan itu akan dimasukkan dalam program bisnis jangka menengah baru yang rencananya akan diumumkan Senin (27/7/2020) pekan depan,” papar sang sumber.

Pabrik tersebut selama ini memproduksi SUV Mitsubishi Pajero dan Outlander. Selain itu, juga membuat minivan Mitsubishi Delica D:5. Sebelumnya, Mitsubishi juga telah menyesuaikan operasional pabrik itu dengan situasi dan kondisi krisis akibat dampak wabah virus corona.

Mitsubisi Motors yang kini mayoritas sahamnya dimiliki Nissan Motor itu, “dipaksa” melakukan reformulasi strategi mereka akibat dampak pandemi virus corona mengikis permintaan di pasar mobil global maupun lokal, sehingga penjualan jeblok.

Mitsubishi Delica D:5 – dok.Istimewa via Autoevolution

Namun, sejatinya Mitsubishi Motors telah berada dalam kubangan kesulitan besar sebelum krisis akibat pandemic itu melanda. Kondisi itu merupakan efek yang tersisa dari skandal manipulasi data konsumsi bahan bakar beberapa modelnya yang terungkap pada tahun 2016 lalu.

Sebelumnya, laman Nippon pada 24 April 2019 lalu mewatakan, Mitsubishi akan mengakhiri penjualan SUV Pajero Sport di Jepang. Proses produksi SUV ini, di Negeri Matahari Terbit itu, akan dihentikan mulai Agustus 2019.

Pajero diluncurkan di Jepang pada tahun 1982 dan menjadi pemimpin pasar SUV yang dilabeli sebagai kendaraan rekreasional itu. Pada tahun 1992, SUV ini membukukan penjualan tahunan tertinggi yakni 84.000 unit. (Ril/Ara)

Mitsubishi Pajero – dok.Istimewa via Carsales

 

CATEGORIES
TAGS
Share This