Wholesales Mobil Elektrifikasi hingga Juni, Ioniq Mendominasi

Wholesales Mobil Elektrifikasi hingga Juni, Ioniq Mendominasi
Sedan listrik Hyundai Ioniq yang menjadi armada Grab Elektrik - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil terelektrifikasi – baik berupa mobil listrik penuh berbasis baterai (BEV), hybrid (HEV) maupun Plug-in Hybrid Electric (PHEV) – ke diler (wholesales) di Indonesia , sepanjang Januari – Juni kemarin tercatat sebanyak 37 unit. Penjualan hanya terjadi di bulan Januari, Februari, hingga Maret, dan selebihnya tidak ada alias nihil.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di rentang enam bulan pertama itu, wholesales terbanyak dibukukan oleh sedan listrik Hyundai Ioniq dengan total 22 unit. Penjualan tersebut dibukukan pada Januari sebanyak 20 unit dan Februari 2 unit, namun empat bulan berikutnya kosong.

Terbanyak kedua dicatatkan oleh Toyota Prius, dengan jumlah 10 unit. Jumlah sebanyak ini berasal dari penjualan pada bulan Januari saja. Lima bulan berikutnya tidak ada penjualan yang terjadi.

Ilusrasi, Toyota Prius Plug-in Hybrid dipamerkan di GIIAS 2018 – dok.Motoris

Sedangkan SUV PHEV besutan Mitsubishi Motors – Mitsubishi Outlander PHEV – di enam bulan pertama tersebut terjual ke diler sebanyak 5 unit. Jumlah ini berasal dari penjualan di bulan Januari sebanyak 2 unit, Februari 2 unit, dan Maret 1 unit.

Hyundai Ioniq diluncurkan pertama kali pada Januari 2016 dengan tiga varian yang dihadirkan di Geneva dan New York Auto Show 2016. Varian hibyd diluncurkan di pasar Korea Selatan pada Februari 2016, diikuti oleh model listrik pada Juli 2016. Sedangkan versi hybrid plug-in diluncurkan September 2017.

Sementara, di Indonesia, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), pada 25 Januari lalu PT Hyundai Mobil Indonesia mengumumkan mobil listrik Hyundai Ioniq sudah bisa dipesan masyarakat Indonesia dengan banderol Rp 569 juta off the road.

Ilustrasi, Mitsubishi Outlander PHEV – dok.Motoris

Pada tahap awal – juga di bulan Januari itu pula – operator angkutan sewa khusus (berbasis aplikasi) – Grab Indonesia mengoperasikan 20 unit Hyundai Ioniq di wilayah Jakarta. Artinya, sedan Hyundai Ioniq listrik tersebut digunakan sebagai armada taksi online. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This