Semester I Sama-sama Ambles di RI, Mercy Lebih Laris Ketimbang BMW

Semester I Sama-sama Ambles di RI, Mercy Lebih Laris Ketimbang BMW
Ilustrasi, proses produksi mobil Mercedes-Benz di salah satu pabriknya di Cina- dok.Associated Press via US News

Jakarta, Motoris – Dua merek mobil asal Jerman yakni Bayerische Motoren Werke (BMW) dan Mercedes-Benz (Mercy) sepanjang Januari – Juni atau semester pertama tahun ini sama-sama membukukan penjualan ritel (ke konsumen) yang melorot. Penjualan ritel BMW (tidak termasuk MINI) ambles 20% dan Mercy 44,2%.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di enam bulan pertama itu BMW membukukan penjualan ke konsumen sebanyak 831 unit. Padahal, di rentang waktu yang sama tahun 2019 lalu, penjualan yang dibukukan masih sebanyak 1.039 unit atau menciut 208 unit.

Total penjualan yang dibukukan BMW Indonesia di paruh pertama itu dibukukan dari penjualan selama Januari yang sebanyak 175 unit, Februari 200 unit, Maret 191 unit. Kemudian dari penjualan April yang sebanyak 55 unit, Mei 85 unit, dan Juni 125 unit.

Ilustrasi, BMW X5 versi terbaru – dok.Motoris

Sementara Mercy di saat yang sama – di tahun ini – mencatatkan penjualan sebanyak 833 unit. Jumlah ini berkurang 559 unit dibanding jumlah penjualan yang dibukukan pada semester pertama tahun 2019 yang totalnya mencapai 1.492 unit.

Fakta berbicara, sepajang Januari Mercy mengoleksi angka penjualan 122 unit, Februari 219 unit, dan Maret 202 unit. Kemudian di sepanjang April, merek ini mengumpulkan penjualan sebanyak 68 unit, Mei 84 unit, dan Juni138 unit. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS