Ambrolnya Penjualan Mitsubishi Paling Parah di Antara Merek Lima Besar

Ambrolnya Penjualan Mitsubishi Paling Parah di Antara Merek Lima Besar
Ilustrasi, Mitsubishi Pajero Sport - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Februari atau di semester pertama tahun ini, penjualan mobil ke konsumen lima merek yang masuk dalam kelompok lima besar di Indonesia – yakni Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki dan Mitsubishi – tercatat ambles. Besaran amblesnya penjualan merek bervariasi, namun yang paling besar adalah penurunan yang terjadi pada merek Mitsubishi.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di enam bulan pertama itu, ambrolnya penjualan Mitsubishi mencapai 57,6%. Volume penjualannya hanya 26.778 unit, sedangkan di periode sama tahun 2019 masih sebanyak 26.778 unit.

Prosentase ambrolnya penjualan ritel mobil Mitsubishi yang dijajakan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) jauh lebih besar dibanding besaran penurunan penjualan yang dialami Toyota. Fakta data menunjukkan, mobil yang didagangkan PT Toyota Astra Motor (TAM) penjualannya ambles 40,7% di rentang Januari – Juni tahun ini dibanding rentang waktu yang sama di tahun lalu, yakni menjadi 92.965 unit dari 156,867 unit.

Ilustrasi, Mitsubishi Eclipse Cross – dok.Motoris

Selain itu, jeblosnya penjualan Mitsubishi juga jauh lebih besar dibanding yang dialami Daihatsu yang sebesar 39.1%, dan Honda 43,0%, dan Suzuki 28,2%. Volume penjualan ritel ketiganya di periode tersebut juga jauh di atas merek berlambang tiga berlian itu, yakni 53.577 unit, 40.812 unit, dan 34.536 unit.

Dengan jumlah yang berhasil dibukukannya selama semester satu itu, Mitsubishi berada di urutan kelima alias terbawah di antara kelompok lima besar. Dia bertengger di posisi setelah Toyota, Daihatsu, Honda, dan Suzuki.

Adapun untuk penguasaan pangsa pasar ritel – dari total penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih selama paruh pertama tahun ini yang sebanyak sebanyak 290.597 unit – Mitsubishi mencuil 9,2%. Sementara Toyota yang terbanyak, yakni 32%.

Ilustrasi, Mitsubishi Xpander versi facelift. – dok.MMKSI

Berikut data lengkap perolehan pangsa pasar merek di daftar “lima besar” atau The Big Five (penjualan ritel dan wholesales) di semester I:

Penjualan ke konsumen (Ritel)
1. Toyota: 92.965 unit (pangsa pasar 32%)
2. Daihatsu: 53.577 unit (pangsa pasar 18,4%)
3. Honda: 40.812 unit ( pangsa pasar 14%)
4. Suzuki: 34.536 unit (pangsa pasar 11,9%)
5. Mitsubishi Motors: 26.778 unit (pangsa pasar 9,2%)

Penjualan ke diler (Wholesales)
1. Toyota: 81.816 unit (pangsa pasar 31,4%)
2. Daihatsu: 49.774 unit (pangsa pasar 19,1%)
3. Honda: 38.679 unit (pangsa pasar 15,1%)
4. Suzuki: 28.786 unit (pangsa pasar 11%)
5. Mitsubishi Motors: 27.932 unit (pangsa pasar 10,7%)

Sumber: Gaikindo, 2020. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS