Penjualan Kendaraan Komersial Scania dan Mercy di RI Anjlok Segini

Penjualan Kendaraan Komersial Scania dan Mercy di RI Anjlok Segini
Ilustrasi, bus ber-chassis Scania - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Dua merek kendaraan komersial – truk dan bus – asal Eropa yakni Mercedes-Benz dan Scania tak kuasa menahan sengatan dampak wabah virus corona terhadap pasar produk mereka di Indonesia. Akibatnya, penjualan merek asal Jerman dan Swedia itu ambrol di sepanjang Januari – Juni kemarin.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, total penjualan ke konsumen (ritel) Scania di enam bulan pertama itu tercatat ambrol 64,8%, yakni dari 284 unit di tahun 2019 menjadi hanya 100 unit pada tahun ini. Artinya, jumlah penjualan berkurang 100 unit.

Total penjualan tahun ini dibukukan dari penjualan sepanjang Januari yang sebanyak 11 unit, Februari 44 unit, Maret 9 unit, April 12 unit, Mei 8 unit, dan Juni 16 unit. Penjualan di Juni meningkat dua kali lipat dibanding bulan sebelumnya.

Ilustrasi, bus garapan Karoseri Tentrem dengan basis Mercedes-Benz dipamerkan di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Sementara total penjualan truk dan bus Mercedes-Benz pada periode sama sebanyak 509 unit. Padahal, di Januari – Juni tahun 2019 penjualan masih sebanyak 980 unit, artinya di enam bulan pertama atau semester pertama tahun ini penjualan kendaraan komersial Mercy di Tanah Air ambrol 48,1%.

Fakta berbicara, total penjualan Mercy sepanjang Juni kembali turn drastis. Karena pada Juni masih sebanyak 39 unit, dan Juni 26 unit. Penjualan sepanjang Juni tahun ini  anjlok hingga 64,4% dibanding penjualan ritel Juni 2019 yang sebanyak 73 unit. (Fer/Ara)

Ilustrasi, truk Scania buatan Scania dan Mercedes-Benz yang dipasarkan di Indonesia – dok.Motoris

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS