Saat Merek Lain Bonyok, Penjualan Audi dan Renault di RI Malah Mendaki

Saat Merek Lain Bonyok, Penjualan Audi dan Renault di RI Malah Mendaki
Ilustrasi, Renault Triber AMT - dok.Gaadiwaadi.com

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari – Juni mayoritas merek kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia membukukan anjloknya penjualan ke konsumen (ritel) alias bonyok. Namun, kondisi seperti itu ternyata tak dialami oleh dua merek non Jepang, yakni Renault dan Audi.

Meski secara volume tak sebanyak penjualan yang dibukukan oleh merek-merek asal Jepang, namun merek asal Prancis dan Jerman itu mencatatkan kinerja penjualan yang tetap positif di rentang waktu itu. Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, mobil-mobil Renault yang dipasarkan oleh PT Maxindo Renault Indonesia (PT MRI) selama enam bulan pertama itu terjual ke konsumen sebanyak 87 unit.

Jumlah tersebut naik atau bertambah 25 unit dibanding penjualan selama kurun waktu sama tahun 2019 yang masih sebanyak 62 unit. Penjualan sepanjang enam bulan pertama tahun ini dibukukan dari penjualan sepanjang Januari sebanyak 15 unit, Februari 14 unit, Maret 17 unit, April 2 unit, Mei 24 unit, dan Juni 15 unit.

Ilustrasi, diler Renault di Serpong, Tangerang Selatan – dok.Motoris

Pertambahan unit yang terjual ini seiring dengan kehadiran model baru yang dijual PT MRI, yakni Renault Triber. Model tersebut diluncurkan secara resmi di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Adapun mobil Audi yang di Indonesia dijajakan PT Garuda Mataram Motor (PT GMM), di periode tersebut membukukan penjualan sebanyak 21 unit atau bertambah 5 unit dibanding penjualan di rentang waktu sama tahun lalu yang sebanyak 16 unit. Jumlah ini dibukukan sejak Januari, dimana mobil Audi terlego ke konsumen sebanyak 3 unit, Februari 1 unit, Maret 2 unit, April 4 unit, Mei 5 unit, dan sepanjang Juni yang laku 7 unit.

Namun, kinerja penjualan dari Mei ke Juni, yang dibukukan Audi berkebalikan dengan Renault. Sebab, pada Juni penjualan Renault ambrol 37,5% yakni dari 24 unit pada Mei menjadi 15 unit pada Juni.

Audi Q3 Generasi kedua atau versi terbaru – dok.Istimewa

Sementara, Audi selama Mei mencatatkan penjualan sebanyak 5 unit. Pada bulan Juni terlego sebanyak 7 unit, naik 40% meski cuma 2 unit. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS