Terperosok di Mei, Daihatsu Dominasi Wholesales Van di Semester Satu
Van Daihatsu Gran Max 1.5 tahun 2019 - dok.Istimewa

Terperosok di Mei, Daihatsu Dominasi Wholesales Van di Semester Satu

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari – Juni, mobil jenis van (termasuk blind van) yang terjual ke diler (wholesales) tercatat sebanyak 6.206 unit. Dari jumlah tersebut, 4.261 unit di antaranya merupakan van Daihatsu (yang terdiri dari Daihatsu Gran Max dan Daihatsu Luxio).

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, sepanjang enam bulan pertama tersebut van Daihatsu Gran Max terjual ke diler sebanyak 3.604 unit . Sedangkan Daihatsu Luxio sebanyak 657 unit.

Angka penjualan Gran Max merupakan kumulatif dari penjualan (wholesales) ke diler sepanjang Januari yang sebanyak 1.273 unit, Februari 1.172 unit, Maret 1.075 unit, April 80 unit, Mei kosong alias nihil, dan Juni 4 unit. Sedangkan total penjualan Luxio berasal dari penjualan Januari yang sebanyak 145 unit, Februari 334 unit, Maret 268 unit, April 8 unit, Mei kosong, dan Juni 2 unit.

Suzuki APV Blind Van – dok.Istimewa

Jika dicermati, dua varian van Daihatsu itu mencatatkan terperosoknya penjualan ke diler yang sangat dalam di bulan Mei dan Juni, dibanding bulan-bulan sebelumnya. Sekadar informasi di bulan Mei, di Jakarta dan sekitarnya telah berlaku Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Meski begitu, jumlah penjualan van Daihatsu yang dijajakan PT Astra Daihatsu Motor – khususnya Daihatsu Gran Max – masih jauh lebih banyak dibanding merek lain, yakni Suzuki dan Wuling. Karena di periode itu van Suzuki APV terjual ke diler sebanyak 1.844 unit, dan van Wuling Formo 101 unit.

Wuling Formo, kendaraan komersial yang dipasarkan Wuling Motors Indonesia – dok.Motoris

Angka penjualan Suzuki APV berasal dari Januari 334 unit, Februari 367 unit, Maret 470 unit, April 293 unit, Mei 136 unit, dan Juni 244 unit. Adapun catatan penjualan Wuling Formo, Januari 24 unit, Februari 77 unit, sedangkan Maret hingga Juni kosong alias nihil. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )