Indomobil Ambil Alih Saham Mayoritas PT Nissan Motor Distributor Indonesia

Indomobil Ambil Alih Saham Mayoritas PT Nissan Motor Distributor Indonesia
Ilustrasi, debut global Nissan Kicks e-Power yang diresmikan di hajatan Bangkok International Motor Show 2020 - dok.Nissan Thailand


Jakarta, Motoris
– Indomobil Group telah mengambil alih saham mayoritas PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) dalam bisnis pendistribusian dan penjualan kendaraan Nissan di Indonesia. Sehingga porsi saham yang dipegang perusahaan yang di Bursa Efek Indonesia berkode IMAS itu mencapai 75%, dan 25% lainnya masih dimiliki Nissan Motor.

“Kolaborasi ini akan membuka peluang besar untuk memperkuat pelayanan demi kepentingan pelanggan dan mitra bisnis perusahaan. Hubungan kami dan Nissan dibangun berdasarkan rasa saling menghormati dan nilai-nilai bersama,” ungkap Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Indomobil Group, Jusak Kertowidjojo, dalam keterangan resmi, yang dirilis di Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Presiden Direktur Nissan Indonesia, Isao Sekiguchi, menyatakan senang atas kerjasama tersebut. Pasalnya, kata dia, kolaborasi ini akan memperkuat kemitraan strategis untuk memperkuat merek Nissan di pasar otomotif Indonesia.

“Langkah ini merupakan bagian dari Nissan Next, (yaitu) rencana transformasi global untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan. Kami juga senantiasa mendorong strategi penjualan melalui kolaborasi dengan mitra lokal,” kata dia.

Ilustrasi, logo baru Nissan Motor – dok.Nissan

Menurut Isao, nota kesepahaman tersebut juga sekaligus menggarisbawahi komitmen Nissan untuk terus membangun mereknya di Indonesia termasuk memberikan layanan terbaik kepada 300.000 pelanggan Nissan di Indonesia. Baik pada saat ini maupun di masa yang akan datang.

Dia menambahkan, Nissan Indonesia akan terus meluncurkan sejumlah produk baru di segmen strategis dan terus mempelopori kendaraan listrik di Indonesia. Merek ini juga berencana meluncurkan the all-new Nissan Kicks e-Power, Nissan Leaf, dan sejumlah model lainnya.

Sementara itu, penjualan mobil Nissan di Indonesia ke konsumen (ritel) sepanjang Januari hingga Juni atau semester pertama tahun ini tercatat ambrol 53,3% dibanding periode sama tahun 2019. Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di enam bulan pertama tahun itu total ritel Nissan sebanyak 2.798 unit.

Ilustrasi, Nissan Livina Sporty Package – dok.PT Nissan Motor Indonesia

Sedangkan di paruh pertama tahun 2019, total ritel masih sebanyak 5.993 unit. Jumlah penjualan di tahun ini berasal dari penjualan sepanjang Januari yang sebanyak 785 unit, Februari 861 unit, Maret 602 unit, April 165 unit, Mei 109 unit, dan Juni 276 unit.

Dengan penjualan sebanyak ini, Nissan menempati urutan ke-10 dalam daftar penjualan seluruh merek mobil anggota Gaikindo yang berjumlah 32 merek pabrikan. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This