Mobil Listrik Asal Cina Today Sunshine Segera Serbu Pasar RI

Mobil Listrik Asal Cina Today Sunshine Segera Serbu Pasar RI
Pabrik mobil Today Sunshine di Cina - dok.Istimewa via Places and Food

Jakarta, Motoris – Pabrikan mobil listrik asal Taizhou, Provinsi Zhejiang, Cina – Zhejiang Today Sunshine New Energy Vehicle Industry – menggandeng mitra lokal PT Sumber Energi Sukses Makmur (SESM) akan memasarkan mobil listrik di Indonesia. Mobil kategori low speed electric vehicle itu, rencananya dirakit di Batam, Kepulauan Riau.

Presiden Direktur SESM Zulfian Mirza mengatakan, proses produksi akan dilakukan dalam waktu dekat tanpa menyebutkan jadwal tersebut. Dia menyebut, sejak enam bulan terakhir pihaknya telah secara intensif melakukan pembicaraan dengan Today Sunshine. Nota kesepahaman (MoU) jalainan kerjasama antar keduanya pun telah diteken.

“Melalui kerjasama ini, nanti kita akan memproduksi mobil listrik di segmen low-speed electric vehicles yang berkapasitas lima penumpang sebanyak 10.000 unit per tahun,” kata dia usai penandatanganan MoU tersebut di Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Perakitan akan dilakukan di Batam. Kota itu dinilai telah memiliki infrastruktur untuk keperluan proses produksi. Terlebih, Batam juga merupakan area perdagangan bebas atau free trade area.

Interior salah satu varian mobil listrik Today Sunshine – dok.Today Sunshine

Zulfian juga memastikan, mobil listrik murni atau berbasis baterai tersebut juga akan diuntungkan karena baterainya juga akan disuplai dari dalam negeri Indonesia. Sebab, sejumlah industri baterai telah memproduksi bahan baku di Sulawesi, dan sebagian lainnya telah memproduksi baterai di Indonesia.

Direktur IPP Renewable SESM, M.Hamza mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti MoU tersebut dengan pengurusan semua perizinan menyangkut Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari mobil yang akan dirakit, dan beberapa perizinan prinsip lainnya. “Sehingga, diharapkan pembangunan pabrik akan dapat dimulai pada tahun depan,” kata dia di tempat yang sama.

SESM, lanjut Hamza, akan mengirim tim ke Zhejiang, Cina, untuk penyiapan proses perakitan di Tanah Air. Termasuk, mendapatkan pelatihan SDM terkait teknis produk dan produksi dari pabrikan tersebut.

Zhejiang Today Sunshine New Energy Vehicle Industry Co, Ltd adalah perusahaan manufaktur swasta yang didirikan di Taizhou, Zhejiang, Cina pada tahun 2014. Selain membuat mobil listrik, pabrikan itu juga memproduksi baterai ion lithium. Pabrikan ini juga diketahui telah membuat mobil dengan baterai asam timbal.

Prosesi peluncuran salah satu varian mobil listrik Today Sunshine – dok.Sunshine Coast Daily

Untuk mobil listrik baterai lithium, sejumlah varian telah dibuat. Diantaranya, mobil listrik baterai lithium 120Ah, mobil listrik baterai lithium 150Ah, mobil listrik baterai lithium M1 72V DC, serta mobil listrik baterai lithium berkecepatan tinggi M2. Namun, tidak dijelaskan varian yang akan dirakit dan dipasarkan di Indonesia.

Tetapi yang pasti, Today Sunshine mengklaim produknya telah dijual ke sejumlah negara di dunia, yakni Meksiko, Italia, Dubai, Swedia, Spanyol, dan Yunani. Bahkan telah dijajakan di pasar Kuwait, Jerman, Republik Dominika, Republik Korea, Republik Austria, Qatar, hingga Bahrain. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This