Sepanjang Juli di RI, 35.799 Mobil Terjual ke Konsumen

Sepanjang Juli di RI, 35.799 Mobil Terjual ke Konsumen
Ilustrasi, Honda Mobilio versi terbaru, facelift - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil di Indonesia sepanjang Juli kemarin penjualan kembali membukukan peningkatan, setelah bulan sebelumnya juga mencatatkan kenaikkan dibanding bulan Mei. Meski, dibanding penjualan di bulan-bulan sebelum wabah virus corona mendera Indonesia penjualan di bulan ketujuh itu masih jauh di bawahnya.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, sepanjang Juli penjualan mobil ke diler (wholesales) mencapai 25.283 unit atau meroket 100% lebih dibanding wholesales di bulan Juni yang sebanyak 12.623 unit. Sedangkan penjualan ke konsumen (ritel) pada bulan itu tercatat sebanyak 35.799 unit. Itu naik 19,9 persen dibanding Juni yang sebanyak 29.862 unit.

Jumlah penjualan ritel sepanjang Juni juga naik dibanding Mei. Besaran kenaikkan mencapai 74,8%, karena di bulan kelima itu penjualan ritel hanya sebanyak 17.083 unit.

Begitu pun dengan wholesales selama Juni juga naik dibanding Mei. Bahkan kenaikkannya tiga kali lipat lebih, karena selama Mei wholesales yang dibukukan hanya 3.551 unit.

Ilustrasi, MPV LCGC Daihatsu Sigra – dok.Motoris

“Jadi penjualan (ritel maupun wholesales) selama Juli dan Juni itu memang trennya naik. Tetapi dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya masih jauh di bawah. Karena ritel Juni 2019 hampir 66.000-an unit (tepatnya, di data Gaikindo 65.972 unit) dan wholesales sekitar 60.000-an unit (tepatnya, 59.831 unit). Kami harapkan peningkatan penjualan ini dapat terus berlanjut sampai akhir tahun, walaupun masih sangat berat,” kata Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto yang dihubungi di Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Sepanjang Juli, penjualan ritel mobil Toyota masih tercatat sebagai pemberi sumbangan terbanyak di total penjualan seluruh merek. Mobil yang dijajakan PT Toyota Astra Motor (TAM) terjual ke konsumen sebanyak 11.531 unit.

Sementara pada bulan yang sama, penjualan ritel mobil Honda yang niagakan PT Honda Prospect Motor (HPM) tercatat sebanyak 4.036 unit. Jumlah ini naik 62% dibanding penjualan ritel bulan sebelumnya.

All New Daihatsu Terios – dok.Istimewa

Mobil Daihatsu yang diperdagangkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di bulan tersebut membukukan penjualan ritel sebanyak 5.890 unit. Jumlah itu naik 6% dibanding penjualan ritel yang sebanyak 5.558 unit.

Jongkie menyebut tantangan penjualan masih berat, meski Gaikindo telah memangkas target penjualan dari 1,05 juta unit menjadi 600.000 unit. “Tetapi kita terus berharap, kondisi akan membaik di kuartal keempat nanti. Walaupun kami juga realistis dengan kondisi yang ada,” ujar dia.

Terkait kondisi perekonomian nasional, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku optimis pertumbuhan ekonomi nasional masih akan positif di kuartal keempat. “Kita pada kuartal satu menjadi salah satu dari negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi psitif (walau hanya 2,97%), Kuartal kedua minus 5,32%, sehingga di kuartal ketiga ini perlu kita pompa,” kata dia saat memberi sambutan Rapat Kerja dan Konsultasi Nasional (Rakerkonas) 2020 Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) secara virtual yang digelar di Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Wuling Almaz varan 7 penumpang – dok.Motoris

Mantan Menteri Perindustrian itu memprediksi pada kuartal keempat ekonomi nasional bakal tumbuh positif 1,38%. Meski, jika dirata-rata dalam setahun di 2020, pertumbuhan ekonomi nasional tetap minus 0,49%. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This