Penjualan Mobil Kembar hingga Juli, Daihatsu Segitu dan Toyota Segini

Penjualan Mobil Kembar hingga Juli, Daihatsu Segitu dan Toyota Segini
Xenia kini tak lagi menjadi penyumbang penjualan terbesar Daihatsu - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Juli kemarin PT Toyota Astra Motor (TAM) membukukan penjualan mobil ke konsumen (ritel) sebanyak 104.496 unit. Dari jumlah penjualan tersebut Toyota Avanza dan Toyota Rush tercatat sebagai model yang paling banyak diburu konsumen.

“Selama periode tujuh bulan itu, total penjualan ritel Toyota Avanza sebanyak 24.443 unit. Sementara, pada yang sama, Toyota Rush terjual sebanyak 19.505 unit,” kata sumber Motoris di Toyota Indonesia, saat dihubungi di Jakarta, Senin (11/8/2020) lalu.

Dengan melihat perbandingan antara total penjualan – seluruh model – dengan penjualan yang dibukukan oleh Toyota Avanza, terlihat Low MPV yang dijuluki mobil sejuta umat itu menyumbang hampir seperempat penjualan Toyota Indonesia di rentang tujuh bulan pertama tersebut. Sedangkan Toyota Rush, memberi andil hampir seperlima ke jumlah keseluruhan penjualan.

Walhasil, di kurun waktu tujuh bulan itu Toyota Avanza menempati urutan pertama sebagai mobil terlaris Toyota. Sedangkan Toyota Rush bercokol di posisi kedua di dalam daftar yang sama.

Daihatsu Terios – dok.Istimewa

Lantas bagaimana dengan kembarannya – Daihatsu Xenia dan Daihatsu Terios – di saat yang sama? Data yang dirilis PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Senin (11/8/2020) lalu menunjukkan, di daftar penjualan ritel Daihatsu sepanjang Januari – Juli, posisi Xenia dan Terios tak semoncer saudaranya yang berbaju Toyota.

Xenia berada di urutan kelima dalam daftar mobil terlaris. Dia terlego sebanyak 6.334 unit dengan kontribusi 10,7% terhadap total penjualan ritel Daihatsu yang sebanyak 59.467 unit.

Sementara Daihatsu Terios bertengger di posisi ketiga setelah Daihatsu Sigra dan pikap Daihatsu Gran Max. Total penjualannya sebanyak 8.938 unit, sehingga memberi kontribusi ke penjualan sebanyak 15%.

Sigra yang merupakan jagoan penjualan Daihatsu ke konsumen selama tujuh bulan – dengan total 16.631 unit atau setara 28% dari total penjualan – juga masih tertinggal Toyota Calya. LCGC tujuh penumpang Toyota itu terjual sebanyak 17.667 unit.

New Astra Daihatsu Sigra. – dok.ADM

Fakta menunjukkan Daihatsu hanya unggul di penjualan Daihatsu Ayla. LCGC hatchback itu terjual sebanyak 7.493 unit selama tujuh bulan. Sedangkan Toyota Agya – di saat yang sama – terlego 7.313 unit. Artinya, Ayla lebih banyak 180 unit dibanding Agya. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This