Tata Motors Sangkal Mau Jual Sahamnya di Jaguar Land Rover

Tata Motors Sangkal  Mau Jual Sahamnya di Jaguar Land Rover
Ilustrasi, Land Rover Range Rover - dok.Automotive News

Mumbai, Motoris – Pabrikan mobil dan kendaraan komersial terbesar di India, Tata Motors Limited, awal pekan ini secara tegas menyangkal informasi yang menyebut pihaknya akan menjual saham di pabrikan mobil mewah asal Inggris, Jaguar and Land Rover (JLR). Seperti diketahui, Tata membeli saham JLR pada pertengahan tahun 2008 dari Ford Motor Company dengan nilai US$ 2,3 miliar.

Bantahan Tata Motors tersebut dirilis pada Senin (17/8/2020) dan dilansir The Hindustan Times dan The Guardian, Selasa (18/8/2020). “Laporan yang belum dikonfirmasi dan tidak berdasar telah diterbitkan oleh beberapa media yang menyatakan bahwa Tata Motors dapat menjual sahamnya di Jaguar Land Rover,” bunyi pernyataan pabrikan.

Sebelumnya, sejumlah media melaporkan Tata Motors berniat melego sahamnya di JLR setelah dalam pembicaraan dengan pemerintah Inggris untuk mengamankan paket penyelamatan keuangan perusahaan tak mulus. “Tata Motors dengan tegas menyangkal dan menolak informasi tersebut. Jaguar Land Rover tetap menjadi pilar utama Tata Motors dan Tata Group,” tandas pabrikan yang berkantor pusat di Mumbai, India ini.

Ilustrasi tagline baru Tata Motors, Connecting Aspiration – dok.Istimewa

Bahkan, Tata menepis laporan yang menyinggung soal kesehatan dan stabilitas keuangan perusahaan. “Kami baru-baru ini mengumumkan hasil kinerja kami sepanjang kuartal pertama (tahun fiskal 2020.2021 yakni dari Aril hingga Juni) yang menunjukkan bahwa kami berhasil mempertahankan likuiditas yang solid meskipun ada pandemi Covid-19 dan berharap arus kas kami positif mulai Q2 dan seterusnya,” klaim Tata.

Namun, alih-alih menyuguhkan data kinerja, Tata justeru menyatakan bisnis JLR tetap kuat saat beralih ke teknologi baru dengan teknologi listrik, teknologi kendaraan otonom, dan teknologi konektivitas. Semua itu, lanjut Tata, untuk mendukung ambisi Destination Zero. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This