Begini Rapor Penjualan Scania, MAN, dan UD Trucks hingga Juli di RI

Begini Rapor Penjualan Scania, MAN, dan UD Trucks hingga Juli di RI
Ilustrasi, truk Scania buatan Scania dan Mercedes-Benz yang dipasarkan di Indonesia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Juli tahun ini penjualan kendaraan roda empat atau lebih – baik mobil penumpang maupun kendaraan komersial – ke konsumen (ritel) tercatat masih ambles dibanding penjualan di periode sama tahun 2019. Selain Mitsubishi Fuso dan Hino, penjualan merek lain juga masih belum secemerlang tahun lalu.

Sebut sebagai contoh, kinerja penjualan yang dicatatkan oleh Scania, MAN, dan UD Trucks. Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan sepanjang tujuh bulan pertama itu, kendaraan Scania terjual ke konsumen sebanyak 113 unit. Jumlah itu berasal dari penjualan sepanjang Januari yang sebanyak 11 unit, Februari 44 unit, Maret 9 unit, April 12 unit, Mei 8 unit, Juni 16 unit, dan Juli sebanyak 13 unit.

Sementara merek MAN pada kurun waktu yang sama mencatatkan penjualan sebanyak 10 unit. Angka ini terkoleksi pada bulan Januari sebanyak 1 unit, Februari 1 unit, Maret 2 unit, Mei 5 unit, serta Juni 1 unit. Bulan-bulan lainnya nihil.

Ilustrasi, salah satu varian UD Trucks – dok.Motoris

Sedangkan UD Trucks selama tujuh bulan pertama tersebut membukukan penjualan sebanyak 517 unit. Jumlah ini diraup dari penjualan selama Januari yang sebanyak 149 unit, Februari 137 unit, Maret 81 unit, April 30 unit, Mei 33 unit, Juni 39 unit, dan Juli 48 unit.

Meski jumlah penjualannya terbilang jauh lebih mending ketimbang MAN, namun penjualan ritel UD Trucks dan Scania di sepanjang semester pertama atau Januari hingga Juni masih ambles cukup dalam dibanding periode sama tahun 2019. Data menunjukkan, di enam bulan pertama itu penjualan ritel UD Trucks hanya sebanyak 469 unit. Padahal, di rentang waktu yang sama tahun 2019 lalu penjualan ke konsumen itu masih sebanyak 1.116 unit, artinya tahun ini ambrol hingga 56%.

Pada saat yang sama penjualan yang ditorehkan Scania hanya 100 unit, padahal tahun lalu masih sebanyak 284 unit. Artinya, penjualan di semester pertama tahun ini ambrol 64,8%. (Fan/Ara)

Ilustrasi, UD Trucks – dok.Motoris

CATEGORIES
TAGS
Share This