Sepanjang Juli, BMW Jual 157.062 Mobil di Pasar Dunia

Sepanjang Juli, BMW Jual 157.062 Mobil di Pasar Dunia
Ilustrasi, BMW X5 versi terbaru - dok.Motoris

Munich, Motoris – BMW Group yang terdiri dari merek BMW, MINI, dan Rolls-Royce, selama Januari hingga Juli berhasil membukukan penjualan sebanyak 1.436.382 unit atau naik 0,9% dibanding penjualan pada periode sama tahun 2019. Namun di kutun waktu itu, penjualan MINI masih kempis 0,8%.

Laporan kinerja semester pertama BMW yang dilansir situs resmi perusahaan dan The Economic Times, belum lama ini, menunjukkan penjualan MINI di enam bulan pertama tahun ini sebanyak 26.031 unit. Tetapi, yang pasti, penjualan grup di sepanjang bulan Juli mencatatkan peningkatan 1,6% dibanding bulan yang sama tahun 2019.

Pada bulan ketujuh itu, BMW Group membukukan penjualan sebanyak 183.487 unit. Dari jumlah tersebut 157.062 unit di antaranya merupakan mobil merek BMW. Jumlah yang dikoleksi BMW itu juga naik 1,6% dibanding bulan Juli 2019.

“Dari total penjualan yang dibukukan merek BMW, ditopang oleh model X series yang memainkan peran kunci dalam pertumbuhan penjualan selama Juli. SUV ini membukukan pertumbuhan 27,2% dibanding Juli tahun lalu,” bunyi pernyataan pabrikan.

Secara total, 72.147 kendaraan BMW X dikirim ke pelanggan di seluruh dunia pada bulan itu. Jumlah tersebut menyumbang 45,9% dari penjualan keseluruhan merek. Tercatat penjualan global BMW X2 naik 43,6% pada bulan itu, sementara penjualan BMW X3 naik 56,7%.

“Di saat pasar global yang sangat kompetitif dan menantang, peluncuran model baru kami terus memberikan dampak positif pada hasil penjualan kami. Tahun ini, merek BMW meluncurkan 21 model baru atau versi pembaruan. Model yang sudah ada di pasaran saat ini terbukti sangat populer di kalangan pelanggan,” papar Anggota Dewan Manajemen BMW Bidang Merek, Layanan Pelanggan, dan Penjualan, Pieter Nota.

Sementara itu, di Indonesia – seperti diungkapkan Vice President of Sales BMW Group Indonesia, Bayu Riyanto, dalam konferensi pers virtual belum lama ini, sepanjang Januari – Juli, merek BMW mengantongi penjualan sebanyak 1.034 unit. Jumlah itu disebut masih lebih rendah 20-25% dibanding penjualan selama periode sama tahun 2019.

Tampilan BMW X1 versi terbaru yang diluncurkan BMW Indonesia di Jakarta, 1 November 2019 – dok.Pojokoto

“Sedangkan selama bulan Juli saja, penjualan yang dibukukan sebanyak 203 unit, termasuk dari program trade-in (tukar tambah). Model yang terbanyak menyumbang penjualan adalah X series,” kata dia.(Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This