Pabrik di Inggris Tutup, Honda Pindahkan Produksi Civic ke Jepang

Pabrik di Inggris Tutup, Honda Pindahkan Produksi Civic ke Jepang
Produksi mobil Honda di Inggris - dok.Istimewa via Carscoops

Tokyo, Motoris – Honda Motor Company yang akan memindahkan atau mentransfer proses produksi Honda Civic dari Inggris ke Jepang mulai tahun 2021 nanti. Langkah itu seiring dengan rencana penutupan pabrik di Swindon, Inggris, yang selama memproduksi model tersebut.

“Honda berencana untuk memindahkan produksi mobil Civic yang sekarang masih dibuat di sebuah pabrik di Swindon ke sebuah pabrik di Yorii, barat laut Tokyo, pada tahun 2021 nanti,” bunyi laporan Nikkei yang mengutip sumber di Honda dan dilansir Reuters dan New York Times, Selasa (25/8/2020).

Menariknya, sebut laporan itu, Jepang berniat memangkas tarif bea masuk 0% hingga tahun 2026 nanti. Sementara, saat ini tarif bea masuk masuk mobil ke Uni Eropa sebesar 7,5%, namun sejalan dengan keluarnya Inggris dari Uni Eropa, maka bea masuk menjadi 10%.

Sepanjang tahun 2019 lalu, mobil yang dibuat di pabrik Swindon, terserap di pasar Inggris sebesar 11%. Kemudian 6% dikirim ke Jepang, dan 70% dipasarkan ke Amerika Serikat.

Proses produksi mobil Honda di pabrik Swindon, Inggris – dok.Istimewa via Carscoops

Inggris merupakan pasar terbesar kedua di Eropa setelah Jerman. Di Negeri Union Jack itu mobil buatan merek Jepang menguasai 20% pangsa pasar, dan Honda menjual sebanyak 40.000 unit di negara itu. Jumlah itu setara dengan sepertiga dari total penjualan Honda di Eropa.

Namun, Honda menegaskan pemindahan produksi ke pabrik Yorii di Jepang, bukan hanya karena potensi tarif bea masuk 0%. Pemindahan juga didasari tujuan untuk memaksimalkan tingkat pemanfaatan pabrik milik Honda tersebut. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This