Sodorkan Merek MG, SAIC Motor Kian Agresif Garap Australia

Sodorkan Merek MG, SAIC Motor Kian Agresif Garap Australia
Mobil merek MG yang diekspor SAIC Motor ke Australia - dok.Istimewa via China Daily News

Shanghai, Motoris – Pabrikan mobil asal Shanghai, Cina – SAIC Motor Corporation Limited – dengan dua merek miliknya yakni Morris Garage (MG) dan Maxus, menggempur pasar mobil Oseania, yakni di Australia, Selandia Baru, dan Fiji. Pabrikan ini akhir pekan lalu mengapalkan mobil merek MG dan Maxus sebanyak 2.500 unit ke kawasan tersebut.

Seperti dilaporkan China Daily News dan Sino Auto, Selasa (1/9/2020), mobil-mobil itu dimuat dalam dua kapal, dan diperkirakan tiba di Australia dan Selandia Baru pada pertengahan September. “Pengiriman ini merupakan, pengiriman dalam jumlah terbesar ke wilayah Osenia. Wilayah ini, khususnya Australia dan Selandia Baru merupakan salah satu dari tujuh pasar utama SAIC Motor di luar negeri,” bunyi pernyataan pabrikan.

Terutama, setelah SAIC memasarkan mobil-mobil merek MG. Seperti diketahui, MG merupakan merek asal Inggris yang berdiri sejak tahun 1924, dan sahamnya diakuisisi oleh SAIC Motor Corporation pada tahun 2007 lalu.

Rata-rata penjualan mobil merek MG di Australia mencapai 1.000 unit saban bulannya. Sedangkan merek Maxus banyak dibeli konsumen di Selandia Baru, terutama SUV, MPV, dan pikap medium.

Ilustrasi, Maxus D60 yang diproduksi merek Maxus milik SAIC Motor – dok.Wikipedia

Total populasi mobil dua merek itu – MG dan Maxus – sejak pertama hadir di Australia dan Selandia Baru hingga saat ini mencapai 30.000 unit. Intensitas gempuran SAIC terhadap wilayah Osenia ini merupakan bagian dari perwujudan strategi memperluas cakupan pasar globalnya.

SAIC terus menggempur negara-negara di berbagai kawasan untuk memasarkan produk dari merek-merek miliknya. Pabrikan yang didirikan pada tahun 1995 ini, sepanjang Januari hingga Juli tahun ini membukukan ekspor 154.000 kendaraan. Jumlah itu setara dengan 34% dari total jumlah mobil yang diekspor oleh Republik Rakyat Cina.

Sementara, jumlah negara yang telah dirambah produk milik SAIC Motor hingga kini telah mencapai 60 negara. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This