Hingga Agustus, Penjualan Ritel Daihatsu Sigra Masih Ambrol

Hingga Agustus, Penjualan Ritel Daihatsu Sigra Masih Ambrol
New Astra Daihatsu Sigra. - dok.ADM

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Agustus kemarin PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membukukan penjualan ke konsumen (ritel) sebanyak 65.767 unit. Jumlah ini masih ambles atau berkurang 48.760 unit dibanding penjualan ritel di periode sama 2019 yang sebanyak 114.527 unit.

Sedangkan penjualan ke diler (wholesales) – seperti terlihat dalam daftar penjualan yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) – pada delapan bulan pertama itu, sebanyak 57.978 unit. Jumlah wholesales Daihatsu ini juga masih ambrol sangat dalam dibanding wholesales Januari hingga Agustus tahun lalu yang sebanyak 115.451 unit.

“Artinya, wholesales Daihatsu selama Januari sampai Agustus tahun ini berkurang setengah dibanding wholesales pada kurun waktu yang sama tahun 2019 . Berkurangnya mencapai 57.473 unit,” ujar kolega Motoris di Gaikindo yang dihubungi di Jakarta, Jumat (11/9/2020) malam.

Sepanjang rentang waktu delapan bulan tahun ini – baik di penjualan ritel maupun wholesales – Daihatsu Sigra menjadi jagoan Daihatsu dengan membukukan jumlah penjualan terbanyak. Mobil murah ramah lingkungan (LCGC) ini terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 18.140 unt atau menyumbang 27,6% ke total penjualan mobil Daihatsu yang dijajakan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Ilustrasi, MPV LCGC Daihatsu Sigra – dok.Motoris

Namun, meski menjadi jagoan, ternyata kinerja andalan Daihatsu itu masih ambrol jika dibanding dengan kinerjanya sepanjang Januari – Agustus 2019. Karena, di delapan bulan pertama tahun 2019 blalu, dia masih sanggup membukukan penjualan ritel sebanyak 33.718 unit atau rata-rata saban bulan laku terjual ke konsumen sebanyak 4.214 unit.

Penyumbang penjualan ritel terbanyak kedua Daihatsu selama Januari hingga Agustus tahun ini adalah pikap Daihatsu Grand Max yang sebanyak 14.054 unit atau berkontribusi sebesar 21,4% ke total penjualan. Sementara,Low SUV Daihatsu Terios menjadi penyumbang penjualan terbanyak ketiga dengan total 9.844 unit atau 15,0% dari ttal penjualan ritel Daihatsu.(Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This