Januari – Agustus, Penjualan Mobil ke Konsumen Anjlok 46,4%

Januari – Agustus, Penjualan Mobil ke Konsumen Anjlok 46,4%
Ilustrasi, Mitsubishi Xpander versi facelift. - dok.MMKSI

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil sepanjang delapan bulan pertama atau dari Januari hingga Agustus di Indonesia, masih muram. Total penjualan ke konsumen (ritel) di rentang waktu itu hanya 364.043 unit alias masih ambrol 46,4% dibanding penjualan ritel di kurun waktu yang sama tahun 2019.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diperoleh Motoris akhir pekan lalu menunjukkan, di delapan bulan pertama tahun 2019 total penjualan ritel sebanyak 679.263 unit. Sedangkan total penjualan ke diler (wholesales) di rentang waktu yang sama sebanyak 664.134 unit.

Tahun ini, di kurun waktu Januari – Agustus wholesales yang berhasil dibukukan seluruh agen pemegang merek kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Tanah Air, hanya 323.507 unit. Artinya, masih ambrol 51,3% dibanding wholesales yang berhasil dibukukan pada delapan bulan pertama 2019.

Ilustrasi, Toyota Rush versi terbaru – dok.Istimewa

Sementara, Toyota masih berada di peringkat pertama merek terlaris di rentang waktu tersebut. Mobil Toyota yang dipasarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 115.553 unit, dengan penyumbang penjualan terbanyak Toyota Avanza yang sebanyak 26.674 unit.

Daihatsu yang berada di urutan kedua, dengan penjualan ritel sebanyak 65.767 unit, dan wholesales 57.978 unit. Honda berada di urutan ketiga dengan total ritel 49.713 unit.

Adapun Suzuki berada di urutan keempat dengan total penjualan ritel 45.227 unit. Dengan penjualan sebanyak itu, merek berlambang huruf “S” ini mencuil 12,4% pangsa pasar dari total penjualan ritel nasional.

Ilustrasi, peluncuran Suzuki XL7 – dok.Motoris

Sementara Mitsubishi Motors harus puas bertengger di urutan kelima di daftar merek terlaris. Merek berlambang tiga berlian itu hanya membukukan penjualan ritel sebanyak 33.417 unit dengan pangsa pasar yang hanya 9,2%.

Berikut 10 merek terlaris yang dibeli oleh konsumen (ritel) sepanjang Januari – Agustus 2020:
1. Toyota 115.553 unit (pangsa pasar 31,7%)
2. Daihatsu 65.767 unit (pangsa pasar 18,1%)
3. Honda 49.713 unit (pangsa pasar 13,7%)
4. Suzuki 45.227 unit (pangsa pasar 12,4%)
5. Mitsubishi Motors 33.417 unit (pangsa pasar 9,2%)
6. Mitsubishi Fuso 15.131 unit (pangsa pasar 4,2%)
7. Isuzu 10.488 unit (pangsa pasar 2,9%)
8. Hino 7.901 unit (pangsa pasar 2,2%)
9. Wuling 5.752 unit (pangsa pasar 1,6%)
10. Nissan 4.275 unit (pangsa pasar 1,2%)(Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This