Penjualan Motor Dunia di Januari – Agustus Masih Ambrol 21,5%

Penjualan Motor Dunia di Januari – Agustus Masih Ambrol 21,5%
Ilustrasi, pengguna sepeda motor di India - dok.Deccan Herald

London, Motoris – Penjualan sepeda motor di pasar dunia sepanjang Januari – Agustus kemarin tercatat ambrol 21,5% dibanding periode sama di tahun 2019 lalu. Kini, dalam delapan bulan hanya 32,8 juta motor yang terjual.

Seperti dilaporkan laman Motorcycle Data dan Business Express, Kamis (23/9/2020) selama Januari – Agutus tahun lalu penjualan kendaraan bermotor roda dua di dunia masih sebanyak 41,8 juta unit. Artinya, tahun ini penjualan merosot sebanyak 9 juta unit.

“Sepanjang paruh pertama tahun ini kondisi semua industri non-digital di Dunia termasuk sepeda motor, sangat mengejutkan,” tulis Motorcycle Data.

Selama semester pertama itu, hanya 21,9 juta unit motor yang terjual, atau turun turun 29,7% dibanding penjualan selama enam bulan pertama tahun 2019. Maklum, selama kuartal pertama tahun ini penjualan ambles 15,9% dan kuartal kedua ambles 42,2%.

Ilustrasi, proses produksi Honda Vario di Indonesia, yakni di pabrik PT Astra Honda Motor – dok.AHM

Faktor utama penyebab penurunan penjualan di kuartal adalah, karena periode itu banyak negara yang melakukan penutupan wilayah (lockdown) yang melibatkan industri di hampir semua negara. Baik proses produksi, pengiriman, dan distribusi juga terblokir.

Meski, data juga menunjukkan sepanjang Agutus telah terjadi peningkatan penjualan dibanding bulan Juli. Jika selama Juli penjualan sebanyak 5,2 juta unit atau turun 3,8%, pada Agustus menjadi 5,7 juta, atau naik 9,0%.

Jika di lihat per regional, wilayah yang membukukan ambrolnya penjualan terparah adalah India yang ambrol hingga 37,4%. Sedangkan Jepang, Taiwan, dan Korea melorot 4,1%.

Pada saat yang sana, wilayah regional ASEAN – yakni Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, Malaysia, Kamboja dan Singapura, menbukukan penjualan yang ambles 23,5%. Bahkan pada kuartal ketiga, Juli hingga September diramal masih berada dalam keterpurukan.

Ilustrasi, proses produksi sepeda motor Yamaha di Filipina – dok.Motorcycle Philippines

Sedangkan di wilayah Amerika Latin penjualan anjlok 19,6%, dan Amerika Utara melorot 9,6%. Adapun wilayah Eropa menyusut 4,7%. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This