Langkah Efisiensi Mitsubishi, Tutup Pabrik hingga Pangkas 600 Karyawan

Langkah Efisiensi Mitsubishi, Tutup Pabrik hingga Pangkas 600 Karyawan
Mitsubishi Pajero, produksinya di Jepang akan dihentikan, Pabrik pembuatnya di Ghifu, Jepang bagian tengah juga akan ditutup - dok.Istimewa via Carsales

Tokyo, Motoris – Mitsubishi Motors Corporation (Mitsubishi) menawarkan pensiun dini kepada 600 karyawannya di bagian manajemen perusahaan dalam rangka melakukan efisiensi biaya operasi. Tawaran pensiun dini ini mulai berlaku November nanti.

Seperti dilaporkan Reuters, Sabtu (26/9/2020), kabar itu diungkap oleh dua orang sumber di internal perusahaan yang mengetahui persis kebijakan tersebut. Pemangkasan karyawan merupakan bagian dari rencana restrukturisasi pabrikan setelah kinerja mengalami penurunan.

Sebelumnya, Mitsubishi memproyeksikan kerugian bersih selama tahun fiskal 2020/2021 yang akan berakhir pada Maret 2021 nanti hingga 360 miliar yen. Penurunan penjualan akibat terpaan badai wabah virus corona disebut sebagai penyebabnya.

Ilustrasi, Mitsubishi Motors – dok.US News & World Report

Kini, pabrikan yang didirikan 22 Aoril 1870 ini mulai melaksanakan rencana untuk memankas 20% biaya tetap dalam dua tahun mendatang. Caranya, selain mengurangi jumlah karyawan juga menurup diler yang tak menguntungkan.

Karyawan yang ditawari program pensiun dini adalah mereka yang berusia di atas 45 tahun, khususnya yang bekerja di bagian manajemen kantor pusat di Jepang. Selain itu di pabrik Okazaki di prefektur Aichi dan pabrik Mizushima di prefektur Okayama, kata sumber tersebut.

Namun, Juru Bicara Mitsubishi menolak berkomentar ketika dikonfirmasi tentang kabar ini. Tetapi, yang pasti, dampak wabah virus corona menyebabkan Mitsubishi menghadapi amblesnya penjualan di pasar Cina dan Asia Tenggara, yang selama ini menyumbang 25% dari total penjualan pabrikan.

Ilustrasi, sebuah diler Mitsubishi Motors di Cina – dok.US News Money

Sebagai bagian dari rencana restrukturisasi, Mitsubishi – yang merupakan anggota aliansi Renault bersama Nissan – juga menyatakan akan berhenti memproduksi SUV Pajero mulai tahun 2021 nanti. Penghentian produksi juga diikuti penutupan pabrik.

Sebelumnya, laman Nippon dan Reuters, Kamis (23/7/2020) melaporkan sumber terpercaya di pabrikan, pada Rabu (22/7/2020) memastikan rencana penurupan pabrik itu. “Rencana penutupan pabrikan itu akan dimasukkan dalam program bisnis jangka menengah baru yang rencananya akan diumumkan Senin (27/7/2020) pekan depan,” papar sang sumber.

Ilustrasi, produksi mobil Mitsubishi Pajero di Jepang – dok.Nikkei Asian Review

Pabrik yang ditutup merupakan pabrik yang ditutup adalah Pajero Manufacturing Company berlokasi di Prefektur Gifu, Jepang tengah. Langkah penutupan pabrik pembuat SUV Pajero itu diambil demi efisiensi biaya menyusul amblesnya pejualan pabrikan. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This