Januari – Agustus, Penjualan Ritel Toyota 60% dari Avanza Cs dan 25% Rush Cs

Januari – Agustus, Penjualan Ritel Toyota 60% dari Avanza Cs dan 25% Rush Cs
Ilustrasi, Toyota Avanza - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari-Agustus 2020, Toyota Indonesia membukukan penjualan ke konsumen (ritel) sebanyak 115.553 unit atau 31,7% total penjualan seluruh model dan merek kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Tanah Air yang sebanyak 364.034 unit. Mobil keluarga serbaguna (MPV) dan mobil sport multiguna (SUV) menjadi penopang utama penjualan.

Hal itu terungkap dari pernyataan Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy dalam dalam Workshop Wartawan Industri 2020, di Jakarta, Selasa (29/9/2020). “Kontribusi terbesar, sekitar 60% berasal dari segmen MPV, dari (Toyota) Avanza, dan (Toyota Kijang) Innova, dan 25% dari SUV, dari (Toyota) Rush dan Fortuner,” ungkap Anton.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan sepanjang delapan bulan pertama itu, penjualan ritel Toyota Avanza sebanyak 26.674 unit, dan Toyota Kijang Innova sebanyak 18.941 unit. Sementara, Toyota Calya – yang juga merupakan MPV tujuh penumpang kategori LCGC – di periode itu membukukan penjualan sebanyak 19.222 unit.

Toyota All New Rush – dok.Motoris

Sementara itu, di segmen SUV, Toyota Rush menorehkan angka penjualan ritel sebanyak 21.638 unit, dan Toyota Fortuner mengoleksi angka penjualan ritel sebanyak 7.400 unit. Adapun crossover Toyota C-HR mengumpylkan angka penjualan ritel sebanyak 225 unit, dan Corolla Cross yang diluncurkan 6 Agustus lalu terjual ke konsumen sebanyak 121 unit.

Anton mengaku selama masa pandemic Covid-19 yang diikuti penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pihaknya mengaktifkan showroom virtual untuk memacu pemasaran dan penjualan produk. “Kami akan membuka virtual showroom pada akhir tahun yang bisa digunakan 24 jam sehari. Ini saya kira ini akan menjadi sebuah layanan dalam new normal,” jelas dia.

Cara ini terbukti tokcer di tengah keterbatasan yang ada. Sebab, pengguna dapat mengakses informasi produk hingga paket-paket pembelian hingga faslitas kredit yang disediakan “Kami juga menyediakan fitur chat untuk memudahkan konsumen berintekasi dengan tenaga pemasar,” ucap Anton.

Ilustrasi, Toyota New Fortuner TRD Sportivo yang sampai saat ini masih dijual di Indonesia – dok.Motoris

Selain itu, TAM menggelar pameran online, yakni Toyota Virtual Expo dan Google Auto Festival melalui kolaborasi dengan Google. Dua pameran ini menurutnya mendapat animo besar dari konsumen, terbukti selama pandemi kenaikan prospect costumer Toyota melalui aplikasi digital naik hingga 40%-50%, dari sebelumnya yang berkisar 15%-20%.

“Sisanya, berasal dari kunjungan calon customer yang datang ke showroom,” imbuh Anton. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This