Toyota – Hino Kembangkan Truk Berat Berbahan Bakar Hidrogen

Toyota – Hino Kembangkan Truk Berat Berbahan Bakar Hidrogen
Ilustrasi, truk berat hasil kolborasi Toyota dengan Hino Motors - dok.Istimewa via The Verge

California, Motoris – Toyota Motor Corporation (Toyota) Senin (5/10/2020) mengumumkan bersama anak perusahaannya – yakni Hino Motors Ltd – akan mengembangkan truk class atau kategori 8 berbahan bakar hidrogen. Prototipe truk ini rencananya mulai diperkenalkan pada paruh kedua tahun 2021.

Seperti dilaporkan laman Truck News dan Bloomberg, Selasa (6/10/2020), big rig tersebut dikembangkan dengan menggunakan sasis truk Seri XL terbaru. “Teknologi sel bahan bakar Toyota yang telah dikembangkan selama 20 tahun lebih yang dikombinasikan dengan pengalaman Hino dalam menciptakan heavy duty truck, akan menghasilkan produk yang inovatif dan mumpuni,” ungkap senior executive engineer Toyota Amerika Utara, Takehito Yokoo.

Truk ini bakal menyasar pasar Amerika Utara. Proyek pengembangan truk itu merupakan perluasan kerjasama antara Toyota dengan Hino. Sebab, pada Maret lalu, keduanya juga telah sepakat untuk mengembangkan truk 25 ton berbahan bakar hidrogen untuk pasar Jepang.

Ilustrasi, truk class 8 berbahan bakar hidrogen yang dikembangkan Toyota bersama Hino – dok.Hino

Toyota tercatat telah terlibat dalam proyek percontohan untuk menguji truk sel bahan bakar (hidrogen) di Long Beach, Los Angeles sejak tahun 2017. Toyota juga menjadi salah satu dari sedikit pabrikan yang berinvestasi dalam mobil bertenaga hidrogen meskipun belum ada kepastian permintaan dan infrastruktur.

Tetapi, kolaborasi Toyota – Hino yang akan menyodorkan truk berat ramah lingkungan ini bukanlah yang pertama. Sebab, General Motors Co (GM) bulan Agustus lalu juga telah mengumumkan kemitraannya dengan Nikola Corportaion untuk mengembangkan truk listriik sebagai upaya mendorong pengembangan truk semi bertenaga hidrogen.

Bahkan awal tahun lalu Volvo Group dan Daimler AG juga telah mendeklarasikan usaha patungan untuk mengkomersialkan kendaraan bertenaga sel bahan bakar khususnya angkutan truk jarak jauh. Begitu pula dengan pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai Motor Company yang juga mengembangkan dan menjual truk sel bahan bakar hidrogen.

Truk berat berbahan bakar hidrogen hasil kolaborasi Toyota dengan Hino Motors – dok.Globa.Toyota

BloombergNEF memprediksi penjualan global kendaraan komersial berbahan bakar hidrogen pada tahun 2030 nanti bakal mencapai 10.000 unit saban tahunnya. Perkirakan ini didasari asumsi dari skenario di mana pemerintah di seluruh dunia menetapkan target nol emisi karbon dari sarana transportasi jalan raya pada tahun 2050 mendatang. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This