Tak Cuma di Korea, Recall Kona Listrik Meluas ke Amerika dan Cina

Tak Cuma di Korea, Recall Kona Listrik Meluas ke Amerika dan Cina
Hyundai Kona Listrik - dok.Car and Driver

Seoul, Motoris – Setelah Kamis (8/10/2020) lalu mengumumkan akan menarik 25.564 crossover listrik Kona di Korea Selatan karena rawan korslet dan terbakar yang ditengarai terkait dengan baterai yang cacat produksi mulai 16 Oktober nanti. Namun, penarikan di negeri sendiri ini ternyata bukan yang terakhir kali, karena Hyundai Motor Company akan juga akan melakukan langkah serupa di Amerika Utara, Eropa, dan Cina.

Seperti dilaporkan Reuters, Senin (12/10/2020), jumlah unit yang tarik di tiga wilayah baru itu, mencapai 51.000 unit. “Dalam pernyataannya, Hyundai mengatakan tengah mengajukan pemberitahuan penarikan kembali kepada National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), dan akan memulai memberitahukan ihwal penarikan unit kepada pemilik kendaraan,” tulis Reuters.

Kantor berita Yonhap melaporkan, jumlah Kona listrik yang bakal ditarik di wilayah Eropa sebanyak 37.366 unit dan di Amerika Utara 11.137 unit. Selebihnya di Cina dan beberapa negara lainnya.

Ilustrasi, tampilan belakang Hyundai Kona listrik terbaru – dok.The Guardian

Hanya Hyundai tidak menyebutkan penarikan di wilayah pasar lain selain di tiga wilayah itu dan Korea Selatan. Baik jumlah total kendaraan yang akan ditarik maupun tanggal penarikan.

Sebelumnya, seperti dilaporkan Reuters dan US News, Kamis (8/10/2020), Kementerian Transportasi Korea Selatan Hyundai Kona listrik menyatakan 25.564 Kona listrik yang ditarik merupakan model yang dibuat pada September 2017 dan Maret 2020. Dikatakan, model yang ditengarai bermasalah itu merupakan model yang menggunakan baterai sel tenggangan tinggi yang cacat produksi buatan LG Chem.

Namun, LG Chem secara tegas menyatakan sel baterai yang rusak bukanlah penyebab kebakaran di kendaraan. Pabrikan petrokimia yang juga salah satu produsen baterai listrik terbesar dunia itu menyebut penyebab pasti kebakaran itu belum ditentukan.

Hyundai Kona listrik yang meledak dan terbakar di Montreal, Kanada Juli 2019 lalu – dok.CBC

Pabrikan berdalih, dari hasil demi peragaan ulang yang dilakukan bersama Hyundai Motor membuktikan tidak ada tanda-tanda baterai menyebabkan kebakaran. Walhasil, kata pabrikan itu, kebakaran tidak dapat dikaitkan dengan sel baterai yang rusak. (Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This