Mercedes-Benz, Merek Mobil Asing Paling Cling di Jepang

Mercedes-Benz, Merek Mobil Asing Paling Cling di Jepang
Ilustrasi, Mercedes-Benz G-Class di Jepang - dok.Mercedes-Benz

Tokyo, Motoris – Penjualan mobil baru di Jepang – menurut data yang direkam Japan Automobiles Dealership Association (JADA) – sepanjang Januari hingga September lalu, sebanyak 3.00.266 unit. Jumlah ini ambles 18,1% dibanding penjualan di rentang waktu yang sama tahun 2019, yang masih sebanyak 4.149.685 unit.

Seperti dilaporkan laman The Best Selling Cars, Senin (12/10/2020), 10 besar di daftar penjualan itu, dari psisi pertama hingga terakhir ditempati oleh merek lokal Jepang. Posisi nomor wahid didiami Toyota dengan total penjualan sebanyak 1.057.708 unit, meski jumlah ini merosot 13% dibanding penjualan di sembilan bulan pertama tahun lalu yang sebanyak 1.215.999 unit.

Sementara di peringkat ke-10 ada Hino yang menjual kendaraan sebanyak 45.939 unit. Jumlah yang dikoleksi Hino ini juga ambrol 18,7% dibanding jumlah penjualan yang dicatatkan selama Januari – September 2019, yang sebanyak 56.475 unit.

Ilustrasi, diler Mercedes-Benz di Jepang – dok.Mercedes-Benz

Merek-merek asing mulai tercatat eksistensinya di urutan ke-11. Merek itu adalah, Mercedes-Benz yang mengantongi angka penjualan kumulatif sembilan bulan sebanyak 40.675 unit.

Dengan penjualan sebanyak itu, merek asal Stuttgart, Jerman, itu menjadi merek mobil asing dengan penjualan paling “cling” di Jepang. Meski ambles 17,2% dibanding penjualan Januari – September 2019 yang sebanyak 49.127 unit, namun jauh di atas merek-merek asing lainnya yang berjualan di Negeri Matahari Terbit itu.

Ilustrasi, logo BMW – dok. The New York Times

Mercy jauh mengungguli Volkswagen yang terjual sebanyak 28.438 unit, BMW yang laku 25.015 unit, Audi yang dibeli konsumen sebanyak 15.535 unit, dan MINI yang laku 14.229 unit. Bahkan, Mercedes juga jauh lebih unggul dibanding Volvo yang terjual 11.641 unit, Jeep 9.536 unit, dan Peugeot yang laku 6.622 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This