10 Merek Mobil Paling Laris Sepanjang September

10 Merek Mobil Paling Laris Sepanjang September
Toyota Calya terbaru - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang September kemarin penjualan mobil langsung ke konsumen (ritel) di Indonesia tercatat naik 15,2% dibanding bulan Agustus, namun masih jeblos 47,8% dibanding bulan yang sama tahun 2019. Sementara, merek penghuni daftar 10 besar alias terlaris di bulan itu masih belum banyak berubah dari bulan-bulan sebelumnya.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, pada September total penjualan ritel sebanyak 43.362 unit, Agustus 37.655 unit, dan September 2019 sebanyak 83.127 unit. Di bulan kesembilan itu, Toyota masih tercatat sebagai merek terbanyak membukukan penjualan ritel, dengan total 12.523 unit.

Peringkat kedua ditempati Daihatsu yang mencatatkan penjualan sebanyak 7.721 unit. Berada di urutan ketiga terdapat Honda yang laku dibeli konsumen sebanyak 5.835 unit.

Suzuki bertengger di urutan keempat dengan penjualan sebanyak 5.710 unit. Sedangkan Mitsubishi bercokol di urutan kelima setelah membukukan penjualan ritel sebanyak 4.322 unit.

Ilustrasi, MPV LCGC Daihatsu Sigra – dok.Motoris

Sementara Mitsubishi Fuso yang laku ke konsumen sebanyak 1.886 unit menempati urutan keenam. Dia disusul Isuzu yang laku 1.628 unit, Hino dengan penjualan 1.032 unit, kemudian Nissan yang terjual 693 uni, dan Wuling yang mencatatkan penjualan 670 unit.

Adapun di internal merek Toyota, model terlaris atau penyumbang penjualan terbanyak selama September juga masih belum banyak berubah. “Model yang terbanyak memberi kontribusi penjualan Avanza 2.691 unit, Rush 2.455 unit, Innova 2.076 unit,Calya 1.770 unit, dan Agya 1.189 unit,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, saat dihubungi di Jakarta, Kamis (15/10/2020).

Anton menyebut, total penjualan ritel selama September itu naik naik 13% dibanding penjualan ritel Agustus yang sebanyak 11.057 unit. Sekadar catatan, penjualan ritel merupakan penjualan riil yang dibukukan oleh merek karena penjualan ke pengguna alias konsumen. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This