Hasil Survei: 42% Orang Indonesia Ingin Beli Motor Saat Pandemi

Hasil Survei: 42% Orang Indonesia Ingin Beli Motor Saat Pandemi
Ilustrasi pengendara sepeda motor - dok.Saga

Jakarta, Motoris – Hasil survei yang dilakukan perusahaan riset pasar asal Pancis – Ipsos SA – selama 18 hingga 22 September lalu menyebut, 47% masyarakat ingin membeli sepeda motor meski di masa pandemi. Sedangkan untuk pembelian mobil, 62% masyarakat mengaku tidak yakin.

“Masyarakat ingin membeli sepeda motor di masa pandemi Covid-19 karena adanya kekhawatiran dalam menggunakan kendaraan umum selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi,” bunyi hasil survei itu yang dilansir Ipsos di Jakarta, Jumat (16/10/2020).

Survei itu dilakukan secara virtual pada 18-22 September lalu dengan melibatkan 500 responden berusia 18 tahun ke atas. Selain di Indonesia, survei serupa juga dilakukan di Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.
Kegiatan tersebut dilakukan untuk perkembangan opini dan perilaku konsumen selama pandemi mulai dari daya beli masyarakat. Termasuk daya beli terhadap barang-barang mulai dari properti, mobil, sepeda motor serta jenis e-commerce yang paling banyak digunakan.

Ilustrasi, pengendara sepeda motor yang melintas di area Bundara HI Jakarta – dok.Motoris

Sedangkan soal pendapatan hasil survei Ipsos menunjukkan di Asia Tenggara sebagian besar masyarakat mengaku situasi ekonomi di negara mereka tidak baik atau malah lebih buruk. Meski dibanding hasil survei gelombang pertama yang digelar Mei 2020, mereka mengakui saat ini ada peningkatan pendapatan.

Bahkan masyarakat Indonesia dan Filipina mengaku ada peningkatan yang signifikan. Di Indonesia pada survei gelombang pertama, 84% responden mengaku ada penurunan pendapatan.

Tetapi di survei gelombang kedua yang menyatakan hal seperti itu tinggal 74%. Artinya yang merasakan ada penurunan pendaparan berkurang signifikan. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This