Pembuat iPhone Targetkan Rebut 10% Pasar Baterai Mobil Listrik Dunia di 2025

Pembuat iPhone Targetkan Rebut 10% Pasar Baterai Mobil Listrik Dunia di 2025
Ilustrasi pengisian baterai mobil listrik - dok.Istimewa

Tucheng, Motoris – Perusahaan teknologi kondang asal Tucheng, Taiwan, Foxconn Technology Group kini mulai merambah bisnis otomotif, khususnya mobil dan baterai mobil listrik. Pabrikan yang selama ini dikenal sebagai pembuat (sebagai pabrikan oursourcing) iPhone dan iPad itu, bahkan mematok target pada tahun 2025 – 2027 nanti telah menggenggam 10% pasar mobil listrik dunia.

Seperti dilaporkan Reuters dan The Green Cars Ilustrasi, proses produksi produk gadget di pabrik Foxconn – dok.Istimewa[/caption]

Wei menyebut, dipilihnya Android karena sistem operasi telepon seluler ini telah digunakan oleh mayoritas produsen gadget tersebut dan disukai hampir seluruh masyarakat dunia. Sistem ini juga bersifat open source.

“Foxconn mengenalkan sistem tersebut dengan nama MIH Open Platform, yang dasarnya merupakan seperangkat alat yang memungkinkan perusahaan merancang sebagian besar mobil listrik yang akan diproduksi,” papar dia.

Pada Januati lalu, Fiat-Chrysler Automobiles menyatakan telah memiliki rencana bersama Foxconn untuk membangun mobil listrik di Cina. Selain itu, keduanya juga berkongsi untuk mengembangkan internet pada mobil.

Selain itu, pabrikan yang didirikan pada tahun 1974 itu juga menawarkan perangkat lunak lainnya yang terkait dengan fungsi faktor keamanan dan mobil otonom alias mobil tanpa supir. Soal baterai, Foxconn telah mengembangkan baterai solid-state yang merupakan evolusi dari baterai lithium ion.

Ilustrasi, baterai mobil listrik – dok.Engadget

Seperti dilaporkan Inside Electric Vehicles, Sabtu (17/10/2020), Chief of Product Foxconn, Jerry Hsiao Baterai tersebut akan diluncurkan pada tahun 2024 mendatang. “Karena setelah tahun 2025, hanya mereka (perusahaan-perusahaan) yang menguasai teknologi baterai solid state-lah yang akan mendominasi industri (mobil listrik) dunia,” tandas dia. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This