Januari-September, Toyota Cengkeram 51,6% Pasar Ritel MPV di RI

Januari-September, Toyota Cengkeram 51,6% Pasar Ritel MPV di RI
Toyota Avanza saat diajak melibas genangan air di Toyota Driving Experience Center - dok.PT TAM

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari – September lalu, total penjualan mobil ke konsumen (ritel) di Indonesia tercatat sebanyak 407.380-an unit mobil yang dibeli konsumen (ritel), alias masih anjlok 46,4% dibanding penjualan periode sama tahun lalu. Sementara (data terbaru) selama sembilan bulan pertama itu, Toyota membukukan penjualan ritel sebanyak 128.076 unit.

Data di internal Toyota Indonesia dan Kementerian Perindustrian yang diperoleh Motoris, Senin (19/10/2020) menunjukkan, di periode itu total penjualan ritel (ke konsumen) MPV Toyota sebanyak 75.532 unit. Jumlah tersebut setara dengan 51,6% dari total penjualan MPV seluruh merek dan kelas yang ada di Tanah Air.

Penjualan MPV Toyota terbanyak masih dibukukan oleh Low MPV Toyota Avanza. MPV berjuluk “mobil sejuta umat” ini terjual ke konsumen sebanyak 29.365 unit. Dengan jumlah itu, Avanza mencengkeram 37% pangsa pasar di segmennya.
Kedua, Toyota Kijang Innova yang laku dibeli konsumen sebanyak 21.017 unit. MPV medium ini merebut pangsa pasar hingga 98,2%.

Ilustrasi, Toyota All New Kijang Innova, – dok.Motoris

Terbanyak ketiga Toyota Calya yang mencatatkan penjualan sebanyak 20.992 unit, dan merebut pangsa pasar di segmennya sebesar 50,6%. Kemudian Toyota Alphard yang dibeli konsumen sebanyak 2.162 unit, yang sekaligus menguasai pangsa pasar segmennya hingga 90,4%.

Penyumbang penjualan MPV Toyota terbanyak kelima adalah Toyota Voxy. High MPV itu membukukan penjualan ritel sebanyak 1.267 unit, dan menyabet pangsa pasar hingga 70,1%.

Keenam Toyota Sienta. MPV dengan pintur geser ini hanya membukukan penjualan ritel sebanyak 729 unit di periode Januari hingga September itu. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This