Hingga September, Cina Masih Jadi Pasar Mobil Terbesar di Dunia

Hingga September, Cina Masih Jadi Pasar Mobil Terbesar di Dunia
Ilustrasi, produksi mobil di Cina - dok.Financial Times

Frankfurt, Motoris – Republik Rakyat Cina (Cina) hingga September tahun ini, masih tercatat sebagai pasar mobil terbesar di dunia. Negeri dengan jumlah penduduk 1,439 miliar jiwa lebih ini membukukan penjualan mobil terbanyak di dunia, dan mengalahkan Amerika Serikat.

Data penjualan mobil di seluruh dunia yang dihimpun Asosiasi Industri Otomotif Jerman (VDA) menunjukkan, selama sembilan bulan pertama tahun ini, penjualan mobil di Cina sebanyak 13.112.400 unit. Jumlah ini masih melorot12,5% dibanding penjualan selama periode sama tahun 2019.

“Seperti halnya kondisi di negara-negara lain di dunia, penjualan di Cina masih menurun. Hal ini terjadi karena dampak virus corona yang terjadi di berbagai belahan dunia dan berdampak pada kegitan diler kendaraan dan masyarakat,” bunyi pernyataan VDA yang dilansir Auto Stadt dan The Best Selling Cars, Senin (26/10/2020).

Ilustrasi, pengunjung pameran mobil di Wuhan, Hubei, Cina – dok.Xinhuanet

Pada saat yang sama, penjualan mobil di Amerika Serikat tercatat sebanyak 10.312.700 unit. Jumlah ini merosot hingga 18,8% dibanding penjualan sepanjang kurun waktu yang sama tahun 2019.

Penjualan terbanyak ketiga dibukukan wilayah Eropa – yang meliputi Inggris, kawasan regional perdagangan bebas Eropa, serta Uni Eropa – dengan jumlah 8.567.900 unit. Seperti halnya di Cina dan Amerika, penjualan di wilayah Eropa ini juga ambles, bahkan mencapai 29,3%.

Jepang, yang merupakan asal dari merek-merek otomotif top dunia, di tiga kuartal itu mencatatkan penjualan sebanyak 2.817.900 unit. Meski ambrol 18,1% dibanding penjualan selama sembilan pertama tahun 2019, namun angka itu membawa Negeri Matahari Terbit ini di posisi keempat pasar mobil terbesar dunia.

Ilustrasi, produksi mobil di Amerika Serikat – dok.Reuters

Urutan kelima terbesar ditempati Brasilia, dengan total penjualan 1.301.700 unit. Namun, ambrolnya penjualan dibanding tahun lalu di Brasilia ini yang paling dalam dibanding di wilayah pasar utama lainnya, yakni 32,9%. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This