Siap Go-Public, Produsen Mobil Listrik Cina Ini Diterpa Kasus Recall

Siap Go-Public, Produsen Mobil Listrik Cina Ini Diterpa Kasus Recall
SUV listrik Weltmeister EX5 buatan WM Motor saat diluncurkan - dok.Chinapev.com

Hongkong, Motoris – Perusahaan rintisan pembuat mobil listrik yang disokong Tencent Holdings dan Baidu – WM Motor Technology Co Ltd – menarik 1.000 unit lebih mobil listrik buatannya yang ada di tangan konsumen. Pasalnya, dalam sebulan sudah tiga unit mobil itu terbakar dengan dugaan baterai yang bermasalah.

Seperti dilaporkan Nikkei Asian Review dan Sino Auto, Rabu (27/10/2020) kabar ini menjadi pukulan telak bagi perusahaan rintisan yang bermarkas di Shanghai, Cina, itu. Pasalnya, dia tengah dalam proses melakukan penawaran umum perdana sahamnya (go-public) di bursa saham Shanghai.

Sebelumnya, perusahaan telah berhasil mengantongi kucuran dana senilai 10 miliar yuan dari pabrikan otomotif milik pemerintah Cina, SAIC Motor. Dan ini telah meningkatkan nilai (valuasi) perusahaan sebelum menjual sahamnya ke masyarakat.

Soal penarikan produk, lembaga pemerintah bidang pengawasan pasar dan jaminan kualitas produk menyatakan WM Motor akan menarik 1.282 unit mobil listrik. Mobil-mobil itu dikirim ke konsumen sejak Juni.

Penampakan cockpit SUV listrik Weltmeister EX5 buatan WM Motor – dok.CarNewsChina

WM yang menggunakan merek Weltmeister untuk mobil listrik buatannya itu menyalahkan kerusakan pada baterai listrik mobil. Perusahaan juga menegaskan tidak ada seorang pun yang menjadi korban – cidera atau meninggal – dalam peristiwa kebakaran yang terjadi.

Dalam paparan hasil penyelidikan peristiwa itu, WM menyatakan beberapa sel baterai mengandung kotoran yang dapat menyebabkan korsleting.”Bahkan, dalam kondisi ekstrim menyebabkan mobil terbaar,” bunyi pernyataan perusahaan itu.
Pabrikan yang berdiri sejak lima tahun lalu itu, berjanji untuk mengganti baterai pada model yang di-recall. Proses penggantian maupun penggunaan komponen baterai yang baru diberikan secara gratis.

Dana tertinggi
Sementara, seperti dilaporkan laman TechCrunch belum lama ini, WM Motor menjadi salah satu perusahaan rintisan pembuat mobil listrik dengan dana tertinggi di Cina. Dia bersanding dengan pabrikan lain seperti Nio, Xpeng dan Li Auto, yang telah go public di bursa saham New York.

Beberapa hari sebelum berhasil menggalang dana dari SAIC Motor, perusahaan ini telah berhasil menggaet pabrikan chip papan atas, Qualcomm Snapdragon untuk mendukung perangkat lunak di mobil listrik buatannya.Perangkat itu melengkapi perangkat lunak penggerak otonom Apollo milik Baidu yang menyokong fitur parkir otomotis.

Mobil listrik WM Motor – dok.Istimewa

Selain itu, dia berhasil menggandeng Unisplendour di Universitas Tsinghua Cina yang menangani sisi perangkat keras dalam teknologi mengemudi otonom. Bahkan berhasil merangkul perusahaan sirkuit terintegrasi Sino IC Leasing yang bertugas mengerjakan teknologi konektivitas mobil. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This