Caplok UD Trucks, Isuzu Motors Beraliansi dengan Volvo

Caplok UD Trucks, Isuzu Motors Beraliansi dengan Volvo
Ilustrasi, aliansi strtaegis antara Volvo dengan Isuzu Motors - dok.Owner Driver

Stockholm, Motoris – Isuzu Motors dan Grup Volvo, Jumat (30/10/2020), meneken perjanjian aliansi strategis untuk pengembangan dan produksi kendaraan komersial sesuai dengan nota kesepahaman yang ditandatangani pada Desember 2019. Menariknya, dalam perjanjian ini disebut Isuzu Motor mengakuisisi UD Trucks dari Volvo Group senilai 243 miliar yen.

Pernyataan resmi Volvo yang dilansir laman resmi perusahaan dan Trucknews, Jumat (30/10/2020) menyebut, aliansi ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis truk berat (heavy duty trucks) UD Trucks dan Isuzu Motors di Jepang maupun di seluruh pasar internasional.

Kedua pihak akan mendirikan kantor bersama dan fasilitas lainnya di Jepang dan Swedia. Semua akan diawasi oleh dewan yang terdiri dari presiden Isuzu Motors, CEO Volvo Group, dan eksekutif penting lainnya dari kedua pabrikan.

President and Representative Director Isuzu Motors Masanori Katayama dan Martin Lundstedt, President and CEO of the Volvo Group – dok. Volvo

“Saya memiliki ekspektasi tinggi pada aliansi strategis ini, yang akan membuat Volvo dan Isuzu Motors semakin kompetitif di pasar dan segmen masing-masing,” kata President & Chief Executive Officer Volvo Group, Martin Lundstedt.

Secara umum perjanjian yang diteken kedua belah pihak bertujuan membentuk kemitraan teknologi untuk memanfaatkan keahlian masing-masing untuk menciptakan volume yang lebih besar dalam mendukung investasi eknologi kelas dunia. Aliansi ini berlangsung dalam jangka panjang, minimal 20 tahun.

President & Representative Director Isuzu Motors, Masanori Katayama, mengatakan situasi Covid-19 telah membuat aliansi semakin berharga. Selain itu, aliansi ini telah membangun hubungan yang kokoh dan saling percaya antara Isuzu dan Volvo Group.

Ilustrasi, truk Quester baru UD Trucks yang diperkenalkan di hajatan GIICOMVEC 2020 – dok.Motoris

“Kemitraan jangka panjang ini akan menjangkau seluruh produk, teknologi, dan wilayah. Bahkan secara aktif berkontribusi pada peningkatan layanan dan memperkuat kepuasan pelanggan, dan mendukung industri logistik,” ucap dia. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This