Meski Pandemi, Penjualan Truk Toyota Indonesia Capai Segini

Meski Pandemi, Penjualan Truk Toyota Indonesia Capai Segini
Truk Toyota Dyna - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Toyota Astra Motor (TAM) tak hanya menjual kendaraan bermotor jenis penumpang (mobil) saja, tetapi juga truk atau kendaraan komersial. Truk bermerek Toyota Dyna yang dipasarkan oleh agen pemegang merek Toyota di Indonesia itu terdiri dari varian empat roda dan enam roda.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di sepanjang Januari hingga September kemarin, total penjualan ke konsumen (ritel) truk Dyna mencapai 319 unit. Jumlah ini melorot jauh dibanding penjualan selama periode sama tahun 2019 yang masih sebanyak 692 unit.

Maklum, dampak wabah virus corona (Covid-19) tak hanya ke aspek sosial masyarakat, tetapi juga perekonomian nasional. Dunia usaha yang menjadi penyerap kendaraan jenis truk juga ikut muram.

Dari total penjualan ritel truk Toyota Dyna di sembilan bulan pertama itu, terdiri dari 80 unit varian beroda empat dan 239 unit varian beroda enam. Semua varian berbobot 2 ton.

Truk Toyota Dyna untuk angkutan kargo – dok.Istimewa

Total jumlah penjualan ritel varian empat roda dibukukannya pada Januari sebanyak 15 unit, Februari 20 unit, Maret 9 unit, April 6 unit, dan Mei sebanyak 8 unit. Kemudian pada bulan Juni sebanyak 4 unit, Juli 9 unit, Agustus 5 unit, dan di sepanjang September sebanyak 4 unit.

Sementara, penjualan ritel varian enam roda yang sebanyak 239 unit berasal dari penjualan selama Januari 47 unit, Februari 39 unit, Maret 29 unit, April 39 unit, dan Mei 8 unit. Selain itu berasal dari penjualan di bulan Juni yang sebanyak 25 unit, Juli 13 unit, Agustus 14 unit, dan September 25 unit.

Sedangkan total penjualan atau distribusi ke diler (wholesalaes) di periode Januari – September tahun ini tercatat sebanyak 284 unit, yang terdiri dari varian empat roda 80 unit, dan varian enam roda 204 unit. Angka ini juga turun dibanding wholesales selama tiga kuartal tahun 2019 yang sebanyak 623 unit.

Sasis truk Toyota Dyna – dok.Istimewa via Auto Assista

Fakta juga berbicara, penjualan ritel truk seluruh merek baik kategori maupun jenis secara kumulatif pada kurun waktu ituambrol 49% dibanding kurun waktu yang sama di tahun 2019 lalu. Di tiga triwulan tahun ini, penjualan ritel hanya sebanyak 33.142 unit, sedangkan tahun lalu mencapai 65.466 unit.

CATEGORIES
TAGS
Share This