Temukan Komputer Lexus NX300 Rawan Diretas, Toyota Puji Tencent

Temukan Komputer Lexus NX300 Rawan Diretas, Toyota Puji Tencent
Ilustrasi, Lexus NX300 F Sport model 2020 - dok.Autoblog

Tokyo, Motoris – Toyota Motor Corporation memuji perusahaan teknologi asal Cina, Tencent Holdings karena menemukan kerentanan dalam sistem komputer kendaraan sport Lexus NX300. Toyota juga berterima kasih karena diingatkan atas potensi kerawanan peretasan oleh para hacker ‘jahat’.

Seperti dilaporkan Nikkei Asian Review dan Digital Security Weekly, Selasa (3/11/2020) pada bulan Maret lalu Toyota mengumumkan bahwa kerentanan dalam sistem telah ditemukan oleh Tencent Keen Security Lab. Temuan itu juga disertai peringatan sistem komputer pada Lexus NX300 itu dapat dieksploitasi secara nirkabel oleh peretas jahat.

Kemampuan laboratorium penelitian keamanan siber milik Tencent – yang terdiri dari para profesional – dalam menemukan kerentanan dalam sistem komputer telah diakui kemampuannya oleh sejumlah produsen listrik dunia. Tak terkecuali produsen mobil listrik terbesar di dunia, Tesla Inc.

Meski begitu, Toyota menegaskan kerentanan peretasan itu tidak mempengaruhi aspek-aspek penting di kendaraan seperti kendali pengemudian, sistem pengereman atau throttle. “Peretasan hanya menembus bagian-bagian kendaraan yang tidak penting,” sebut produsen mobil terbesar asal Jepang itu.

Kantor pusat Tencent di Shenzhen, Cina – dok.Nikkei Asian Review

Toyota juga memastikan kemungkinan mengeksploitasi bug sistem komputer di Lexus NX300 juga rendah, Sebab untuk meretasnya diperlukan program yang sangat canggih. Tetapi Toyota tidak menemukan bug tersebut.

“NX300 yang dijual di Jepang tidak memiliki kerentanan,” tandas Toyota.

Enam bulan setelah laporan tentang laboratorium Tencent itu, Toyota menyatakan telah menghilangkan bug yang dilaporkan oleh perusahaan teknologi kondang asal Shenzhen, Cina, itu. Meski tidak memberikan hadiah kepada Tencent, namun Toyota menawarkan untuk “mengakui” kehebatan teknologi perusahaan itu. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This