Yamaha Kian Serius Kembangkan Sistem Hybrid Skutik Maxi

Yamaha Kian Serius Kembangkan Sistem Hybrid Skutik Maxi
Gambar sistem hybrid di sepeda motor Yamaha yang dipatenkan - dok.Istimewa via Visordown

Tokyo, Motoris – Yamaha diketahui tengah kembali mengerjakan proses pengembangan sistem teknologi hybrid untuk sepeda motor, setelah pada tahun 2000-an lalu melakukan percobaan untuk pertama kalinya. Bahkan, upaya kedua yang dimulai awal tahun ini, telah skema maupun gambar-gambarnya telah dipatenkan.

Seperti dilaporkan laman Visordown dan GreenTech Journal, Rabu (4/11/2020), gambar paten yang tersebar itu tidak mengungkap informasi soal kerangka waktu proses pengembangan maupun model yang akan mendapatkan teknologi hybrid itu. Meski gambar ini secara jelas menunjukkan bahwa Yamaha Motor telah memiliki ide untuk memasang powertrain hybrid ke sepeda motor.

“Karena gambar untuk dipatenkan itu mengungkapkan skuter maxi yang menggunakan sistem (hybrid) tersebut,” tulis Visordown.

Skema sistem hybrid di motor yamaha dilihat dari atas – dok.Istimewa via Visordown

Dari gambar itu pula terungkap sistem hybrid di motor itu bersifat serial, dimana mesin pembakaran murni sebagai range extender ke motor listrik. Dengan cara seperti ini ini, satu-satunya tugas mesin pembakaran adalah menghasilkan listrik yang akan dialirkan kembali ke baterai.

Keuntungan dari sistem jenis ini adalah mesin pembakaran internal hanya bekerja dalam kisaran putaran tertentu saja, dan dengan beban yang telah ditetapkan sebelumnya. Lantaran itu pula, emisi gas buang yang dihasilkan proses oembakaran di mesin dapat disetel dengan baik.

“Sehingga volume gas berbahaya yang dihasilkan mesin berkurang dalam jumlah yang besar, dan meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar oleh mesin,” sebut GreenTech Journal.

Gambar bagian-bagian dari sistem hybrid di motor Yamaha yang dipatenkan – dok.Istimewa via Visordown

Hanya, sampai sejauh ini soal spesifikasi motor belum bisa disebutkan, karena untuk memperkirakannya dinilai masih terlalu jauh. Namun, yang pasti, pengembangan ini merupakan wujud dari ide Yamaha untuk mewujudkan keramahan lingkungan dari produknya.

Meski, detil-detil di gambar hak paten itu menunjukan keseriusan pabrikan dalam pengembangan teknolog hybrid di skutik maxi. Hal itu terlihat dari bagaimana mesin dan motor listrik dipasang, di rangka yang tidak lain adalah skutik maxi. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This