Kasus Karyawan Positif Covid-19 di Pabrik Toyota Jepang Masih Marak

Kasus Karyawan Positif Covid-19 di Pabrik Toyota Jepang Masih Marak
Proses produksi sedan di sebuah pabrik milik Toyota yang berada di Prefektur Aichi, Jepang - dok.CNN.com

Tokyo, Motoris – Toyota Motor Corporation (Toyota) secara resmi menyatakan kasus karyawan yang positif terinfeksi virus corona (Covid-19) berdasar hasil tes yang dilaporkan sejak 1 September hingga Senin (9/11/2020), mencapai 9 orang. Mereka merupakan karyawan yang bekerja di berbagai unt kerja di Jepang.

“Kami dengan tulus meminta maaf atas kegelisahan dan kekhawatiran yang mungkin ditimbulkan oleh berita ini bagi masyarakat di daerah sekitar. Virus adalah masalah yang berpotensi memengaruhi semua lokasi Toyota dan kami terus berupaya untuk lebih meningkatkan komunikasi dan pemeriksaan kesehatan seluruh staf di semua lokasi,” demikian bunyi pernyataan Toyota yang dirilis dalam situs resmi Global.Toyota, Senin (9/11/2020).

Pabrikan yang dipimpin Akio Toyoda ini menegaskan, pihaknya terus secara aktif menerapkan langkah-langkah untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut. “Dan kami tetap berkomitmen untuk memberikan pembaruan (penanganan maupun informasi terkait dengan hal itu) secara tepat waktu sesuai kebutuhan,” tandas manajemen pabrikan.

Ilustrasi, suasana bagian depan pabrik milik Toyota yang berada di Prefektur Aichi, Jepang – dok.Kyodo News

Data yang diumumkan Toyota menunjukkan, pada 1 September seorang karywan pria berumur 50 tahun yang bertugas di Pabrik Motomachi di Kota Toyota, Prefektur Aichi, dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani tes pada 30 Agustus. Berselang tiga hari kemudian, atau 4 September, karyawan bersia 40-an tahun juga dinyatakan positif mengidap virus yang mematikan itu.

Karyawan itu bertugas di Pusat Logistik Kamigo di Kota Toyota, Prefektur Aichi. Sedangkan kasus terbaru dilaporkan pada Sabtu (6/11/2020) kemarin. Laporan ini menyatakan, seorang engineer berusia 30-an tahun positif terpapar Covid-19 setelah menjalani tes tanggal 4 September atau dua hari sebelumnya.

Secara keseluruhan, Toyota mempublikasikan kasus terbaru itu pada Senin (9/11/2020) ini. Informasi tersebut juga menyertakan data karyawan yang terpapar Covid-19 berikut jumlahnya. Total ada 9 orang yang positif mengidap virus itu, sejak dilakukan pemeriksaan 30 Agustus – 4 September.

Ilustrasi, proses produksi mobil Toyota di pabrik milik Toyota Motor Corporation di Jepang – dok.Boomberg.com

Meski demikian, Toyota menegaskan serangkaian kasus positif Covid-19 ini tidak mempengaruhi proses produksi yang dijalankan pabrikan. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This