Penjualan Ambles, Juli – September Mazda Merugi Rp 1 Triliun
Ilustrasi, Mazda CX-5 versi terbaru - dok.Car and Driver

Penjualan Ambles, Juli – September Mazda Merugi Rp 1 Triliun

Hiroshima, Motoris – Pabrikan otomotif terbesar kelima di Jepang – Mazda Motor Corporation – Kamis (5/11/2020) lalu mengumumkan kinerja keuangan di kuartal ketiga ( Juli – September) atau kuartal kedua tahun fisal 2020/2021. Di periode ini, Mazda membukukan kerugian operasi 7,59 miliar yen atau sekitar Rp 1 triliun ( kurs 1 yen = Rp 133,74).

Seperti dilaporkan Reuters, Senin (9/11/2020), kerugian operasi sebesar itu merupakan kerugian kuartalan terburuk dalam 11 tahun terakhir. Meski, penjualan Mazda tertolong oleh penjualan di wilayah Amerika Utara ( Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko), dimana angka penjualan naik 1% di wilayah tersebut.

Namun, pabrikan yang bermarkas di Hiroshima, Jepang, ini memperkiraan kerugian operasi yang bakal dideritanya dalam stahun penuh mencapai 40 miliar yen atau sekitar Rp 5,35 triliun.

Ilustrasi, proses produksi mobil Mazda di Jepang – dok.Istimewa via Nikkei

Nilai kerugian ini lebih kecil dibanding perkirakan 17 analis yang dimintai pendapat oleh Refinitiv, yang memprediksi kerugian mencapai 53,3 miliar yen.

Mazda juga memperkirakan penjualannya sevara total ambles 8,5% di banding tahun lalu, sehingga menjadi 1,2 juta unit. Angka penjualan itu disebut sebagai yang terburuk dalam tujuh tahun terakhir. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This