Hingga Oktober Penjualan Bus Zhongtong Ambles 26,43%

Hingga Oktober Penjualan Bus Zhongtong Ambles 26,43%
Bus Zhongtong yang dioperasikan perusahaan Ausralia - dok.Istimewa

Liaocheng, Motoris – Salah satu produsen bus asal Liaocheng, Shandong, Cina – Zhongtong Bus Co.Ltd – sepanjang Januari hingga Oktober kemarin menbukukan penjualan bus secara global 8.676 unit. Bus-bus buatan pabrikan yang berdiri sejak 1958 – tetapi mulai memproduksi bus sejak tahun 1971 ini – dipasarkan ke berbagai negara, termasuk Amerika Selatan, Eropa, dan Asia.

Laporan kinerja penjualan pabrikan yang dilansir laman Caishen, Senin (9/11/2020) menyebut, penjualan di sepuluh bulan pertama tahun 2020 ini merosot 26,43% dibanding penjualan selama kurun waktu yang sama tahun 2019. “Wabah virus corona yang menerpa berbagai wilayah dunia juga turut berpengaruh terhadap permintaan. Termasuk pasar domestik (Cina), di awal-awal semester pertama tahun ini,” bunyi pernyataan tersebut.

Data internal pabrikan yang dikutip laman China Bus, belum lama ini, menunjukkan di semester pertama atau dari Januari – Juni tahun ini, total penjualan bus Zhongtong sebanyak

Dari Januari hingga Juni, Zhongtong hanya berhasil menjual 5.906 unit bus. Jumlah tersebut turun 11,64% dibandin semester pertama 2019.

Armada bus Transjakarta buatan Zhongtong Bus – dok.The Jakarta Post

Sedangkan produksi di periode itu tercatat sebanyak 5.701 unit. Jumlah produksi ini turun 13,03% dibanding jumlah unit yang diproduksi selama paruh pertama 2019.

Bus Zhongtong juga digunakan sebagai sarana transportasi di Indonesia khusus di wilayah DKI Jakarta yang dioperasikan oleh PT Transportasi Jakarta. Catatan beberapa sumber menyebut pengadaan bus Zhongtong itu terealisasi pada tahun 2016.(Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This