Toyota Terbanyak Jual Mobil Elektrifikasi di RI, Tahun 2022 Mulai Produksi Lokal

Toyota Terbanyak Jual Mobil Elektrifikasi di RI, Tahun 2022 Mulai Produksi Lokal
Toyota Corolla Cross Hybrid yang dijual di Indonesia saat diajak melibas genangan air - dok.PT TAM

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil elektrifikasi – dengan ragam mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) hingga Battery Electric Vehicle (BEV) – ke diler (wholesales) mulai dilakukan agen pemegang merek sejak tahun 2007. Secara kumulatif, sejak tahun itu hingga Oktober 2020, total wholesales mobil elektrifikasi Toyota mencapai 6.941 unit.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menunjukkan, dari total jumlah tersebut, 2.820 unit di antaranya merupakan angka wholesales mobil Toyota (HEV). Bahkan jika ditotal dengan Lexus, jumlah penjualan Toyota mencapai 3.314 unit. Dengan demikian, Toyota tercatat sebagai merek dengan penjualan terbanyak.

Suzuki berada di urutan kedua dengan total wholesales sebanyak 2.550 unit. Kemudian, Honda dengan jumlah 822 unit, Lexus 494 unit, Nissan 308 unit, Hyundai 76 unit, Mitsubishi 26 unit, BMW 18 unit, dan Audi 13 unit.

Toyota Prius Plug-in hybrid yang digunakan penelitian oleh enam perguruan tingg di Indonesiai – dok.Motoris

Mobil Toyota berteknologi yang pertama kali dijual di Indonesia adalah Toyota Prius pada tahun 2007. Dan hingga Oktober taahun 2020 ini, total wholesales Prius tercatat sebanyak 71 unit.

Namun, model berteknologi elektrifikasi (hybrid) yang paling banyak dijual Toyota Indonesia adalah Toyota Camry hybrid. Model ini mulai dipasarkan di Tanah Air pada tahun 2012, dan hingga Oktober tahun 2020, total penjualannya sebanyak 1.893 unit.

Terbanyak kedua adalah, crossover Toyota C-HR hybrid. Sejak dijual ke diler pada tahun tahun 2013, hingga Oktober lalu total wholesales-nya mencapai 434 unit.

Toyota C-HR hybrid, salah satu mobil hybrid yang dipasarkan PT Toyota Astra Motor- dok.Motoris

Sementara, Toyota Corolla Cross hybrid yang mulai dipasarkan pada 6 Agustus, hingga Oktober 2020 telah terjual ke diler sebanyak 420 unit. Toyota Corolla Crown yang terjual 102 unit sejak tahun 2019 lalu, hingga Oktober 2020, menempati urutan terbanyak keempat.

Tahun 2022 produksi lokal
Sejalan dengan kebijakan pemerintah yang mematok target 20% dari total produksi mobil pada tahun 2024 merupakan mobil hybrid, Toyota melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) merencanakan produksi mobil berteknologi itu di Indonesia. Bahkan, Toyota membangun pabrik yang khusus membuat mobil jenis itu.

Target ini meruapakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019. Pada salah satu poi nisi peraturan itu adalah dalam jangka menengah atau lima tahun mendatang, 20% dari total prodyuksi mobil merupakan mobil ramah lingkungan.

Kabar terbaru bahkan menyebut, Toyota telah menegaskan kembali investasi untuk produksi mobil hybrid itu kepada Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, pada Jumat (13/11/2020) lalu. Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal, Bob Azzam yang dikonfirmasi kabar itu, Senin (16/11/2020) tak menampiknya.

Ilustrasi, Toyota Alphard hybrid – dok.Motoris

“Bertemu dengan Menteri Perindustrian itu untuk menjelaskan perkembangan terbaru Toyota yang akan memproduksi kendaraan ramah lingkungan di local Indonesia. Investasinya kan Toyota Group ya yang meliputi Toyota, Daihatsu, dan Hino),” kata Bob.

Hanya, Bob tak bersedia menyebutkan model berteknologi yang pertama kali dibuat di Indonesia. Dia hanya menyebut, proses produksi akan dilakukan mulai tahun 2022 nanti. Selain untuk memenuhi permintaan pasar dalam negeri, hasil produksi tersebut juga untuk pasar ekspor.

Sekadar catatan, pada pertengahan paruh kedua tahun 2019 lalu, enam pabrikan Jepang telah bertemu Menteri Perindustrian dan menyatakan komitmen investasi baru dengan total Rp 33 triliun. Dari total nilai sebesar itu, Rp 28,3 triliun merupakan nilai investasi yang bakal digelontorkan Toyota Group dalam jangka waktu lima tahun. (Fat/Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This