Sampai Oktober, Merek Eropa Baru Jual 32 Mobil Elektrifikasi di RI

Sampai Oktober, Merek Eropa Baru Jual 32 Mobil Elektrifikasi di RI
Ilustrasi, Mercedes-Benz E-Class - dok.Motor Authority

Jakarta, Motoris – Pemerintah Indonesia terus mendorong penggunaan mobil ramah lingkungan terelektrifikasi – mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV) – sebagai upaya untuk mengurangi emisi karbon. Bahkan, pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2019 mendorong industri untuk mengembangkan dan memproduksi mobil elektrifikasi di Tanah Air.

Namun, jumlah penjualan mobil elektrifikasi di Indonesia hingga kini masih terbilang kecil. Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan Kementerian Perindustrian menunjukkan, penjualan mobil jenis itu sejak tahun 2017 hingga Oktober 2020, masih sebanyak 6.941 unit.

Penjualan ke diler (wholesales) terbanyak dibukukan oleh Toyota (termasuk di dalamnya merek mewah milik Toyota, Lexus), yakni sebanyak 3.314 unit. Jumlah ini terdiri dari merek Toyota sebanyak 2.820 unit dan Lexus sebanyak 494 unit.

Ilustrasi, mobil Audi – dok.Autocar

Lantas bagaimana dengan merek-merek asal Eropa yang beroperasi di Indonesia? Fakta data berbicara, pada rentang waktu yang sama, total penjualan mobil elektrifikasi yang dibukukan oleh trio merek asal Jerman, yakni Audi, Bayerische Motoren Werke (BMW), dan Mercedes-Benz hanya sebanyak 36 unit.

Jumlah itu dibukukan oleh Audi sebanyak 13 unit. Angka ini merupakan total penjualan dari Audi Q Series yang mengusung teknologi elektrifikasi. Dia terjual di tahun 2019 sebanyak 6 unit, dan tahun 2020 sebanyak 7 unit.

Penjualan BMW tercatat sebanyak 18 unit yang semuanya merupakan model BMW I Series. Rinciannya, sepanjang tahun 2017 terjual sebanyak 7 unit, tahun 2018 sebanyak 1 unit, tahun berikutnya 4 unit, dan tahun 2020 sebanyak 6 unit.

Ilustrasi BMW i Series – dok.Autocar

Kemudian Mercedes-Benz Indonesia mencatatkan angka penjualan sebanyak 5 unit yang semuanya merupakan Mercedes-Benz E-Class elektrifikasi. Angka penjualan itu berasal dari penjualan sepanjang tahun 2019 sebanyak 3 unit, dan tahun 2020 sebanyak 6 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This