Pangsa Pasar Naik, Penjualan Mobil Astra di Oktober Masih Ambrol 48,5%

Pangsa Pasar Naik, Penjualan Mobil Astra di Oktober Masih Ambrol 48,5%
Ilustrasi, Isuzu MU-X, SUV Ladder Frame yang dijajakan oleh anak perusahaan PT Astra International yakni PT Isuzu Astra Motor Indonesia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil ke diler (wholesales) di Indonesia sepanjang bulan Oktober kemarin tercatat sebanyak 49.043 unit atau naik 1,0% dibanding penjualan pada bulan sebelumnya yang sebanyak 48.554 unit. Dari total wholesales Oktober tersebut, 54% atau 26.410 unit di antaranya, merupakan penjualan mobil-mobil yang dipasarkan oleh agen pemegang merek di bawah naungan PT Astra International Tbk.

Data internal Astra yang dirilis Senin (16/11/2020) lalu menunjukkan, penjualan otomotif grup itu di bulan kesepuluh tersebut naik dibanding wholesales selama September yang sebanyak 25.799 unit. Pangsa pasar yang dikuasai pun naik dari 53% pada September menjadi 54% pada Oktober.

Penguasaan pangsa pasar sebesar 54% oleh Astra tercatat pada Februari lalu. Sedangkan di bulan setelahnya, atau Maret pangsa pasar yang berhasil dicengkeram grup Astra mencapai 60%, meski secara volume penjualan masih berada di tren penurunan.

Ilustrasi, UD Trucks, kendaraan komersial yang dijajakan anak oleh salah satu anak perusahaan PT Astra International – dok.Motoris

Volume penjualan mulai beranjak naik pada bulan Juni, dan terus terjadi hingga Oktober. “Kami berharap peningkatan ini terus berlanjut pada kuartal IV 2020 sehingga dapat menjadi katalis positif bagi sektor lainnya dan membantu pemulihan ekonomi nasional lebih cepat,” papar Head of Corporate Communications Astra, Boy Kelana Soebroto, dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Senin (16/11/2020).

Hanya memang, jika dibanding bulan Oktober tahun 2019, wholesales tahun ini masih ambrol cukup dalam, yakni sampai 48,5%. Sebab, wholesales di bulan kesepuluh tahun lalu itu, masih sebanyak 51.280 unit.

Toyota tercatat masih menjadi penyumbang penjualan terbesar otomotif roda empat atau lebih grup Astra. Toyoya membukukan wholesales sebanyak 16.419 unit.

Urutan kedua Daihatsu dengan total penjualan 8.298 unit, dan Isuzu dan UD Trucks dengan penjualan 1.634 dan 59 unit. Keempat Peugeot yang terjual hanya 9 unit.

New Peugeot 5008 yang diluncurkan di Indonesia tahun 2019 lalu oleh anak perusahaan PT Astra International, yakni Astra Peugeot – dok.Astra-Peugeot

Sementara itu, penjualan mobil murah ramah lingkungan (LGGC) grup Astra – yang terdiri dari Toyota Cayla, Toyota Agya, Daihatsu Sigra, dan Daihatsu Ayla – di bulan Oktober hanya 7.349 unit. Turun signfikan dibanding penjualan selama September yang sebanyak 10.071 unit. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This