Penjualan Mobil di Kuba, Pajak untuk Pembeli Individu 800%

Penjualan Mobil di Kuba, Pajak untuk Pembeli Individu 800%
Diler Peugeot di Kuba - dok.El Diario NY

Havana, Motoris – Kuba merupakan negara yang berada di wilyah bagian Utara Karibia, dan sejak tahun 1965 diatur oleh Partai Komunis Kuba (PKK). Tak hanya politik, PKK juga tatanan mengatur tatanan ekonomi negeri itu.

Soal pasar otomotif – khususnya kendaraan bermotor roda empat atau lebih – negeri berpenduduk 11 juta jiwa ini tak banyak hiruk pikuk. Bahkan cenderung stabil. Maklum, 90% pembeli mobil adalah lembaga negara, perusahaan milik negara termasuk perusahaan taksi dan rental mobil untuk wisatawan.

Sedangkan pembeli individu hanya 10% saja. Itu pun kalangan terbatas, termasuk warga negara asing yang tinggal di negeri itu, atau mereka yang berduit.

Seperti dilaporkan laman Havana Times dan Focus2Move, Selasa (17/11/2020), total penjualan mobil di Kuba sepanjang Januari – September hanya sebanyak 1.224 unit. Jumlah ini naik 1,9% dibanding penjualan selama periode sama di tahun 2019.

Ilustrasi, Peugeot 3008 di Kuba – dok.Istimewa via Motor Show

Penjualan di bulan September sebanyak 167 unit, naik 25,6% dibanding penjualan selama September tahun 2019. Dalam sembilan bulan itu, Peugeot tetap menjadi merek terlaris dengan pangsa pasar 21,7%.

Merek asal Shanghai, Cina, BYD menjadi merek terlaris kedua dengan menggenggam pangsa pasar 16,5% dan Kia terlaris ketiga dengan pangsa pasar 15,1%. “Belum ada perusahaan yang ddizinkan untuk menjualn mobil secara ritel.

“Perusahaan negara CIMEX menjadi satu-satunya perusahaan yang bertanggung jawab menjual mobil di negeri itu,” tulis media tersebut.

Pajak mobil bagi pembeli perorangan besarannya bikin orang mengelus dada, yakni 800% untuk mobil baru. Sedangkan untuk mobil bekas, pajaknya malah lebih besar lagi, yakni hingga 1.500%.

Ilustrasi mobil BYD F5 yang dijual di Kuba dan disewakan oleh perusahaan rental untuk wisatawan – dok.Easy Booking Cuba

Penjualan mobil sepanjang tahun 2019 lalu hanya 1.600 unit, atau anjlok 65% dibanding penjualan sepanjang tahun 2018 yang mencapi 4.000 unit. Harga mobil di Kuba terbilang sangat mahal di dunia. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This