Sudah 10 Tahun, Begini Kinerja Penjualan Mobil Elektrifikasi Lexus di RI

Sudah 10 Tahun, Begini Kinerja Penjualan Mobil Elektrifikasi Lexus di RI
Tampilan belakang Lexus UX300e - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Toyota Astra Motor (TAM) dikabarkan bakal meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) bersumber tenaga dari listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) Lexus UX300e di Tanah Air pada pekan depan atau pekan keempat bulan November ini. Lantas, bagaimana sejatinya rekam jejak penjualan mobil-mobil berteknologi elektrifikasi Lexus (yang selama ini berteknolgi Hybrid Electric Vehicle) di Indonesia?

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, merek mewah milik Toyota itu mulai menjual mobil elektrifikasi di Republik Indonesia (RI) sejak tahun 2010 lalu. Dan selama 10 tahun, atau hingga Oktober 2020, total penjualan ke diler (wholesales) yang dibukukan sebanyak 498 unit.

Fakta berbicara, total penjualan sebanyak itu dicatatkan oleh Lexus ES series elektrifikasi yang sebanyak 387 unit, Lexus GS series 10 unit, dan Lexus LS series 73 unit. Kemudian oleh Lexus RX series yang sebanyak 17 unit, dan Lexus LX series yang sebanyak 7 unit.

Logo Lexus – dok.Car Logos

Jika dirinci penjualan saban tahun, penjualan terbanyak terjadi di tahun 2019 lalu. Catatan penjualan dari Gaikindo soal Lexus menunjukkan, sepanjang tahun 2010 jumlah mobil elektrifikasi Lexus yang terlego ke diler (wholesales) sebanyak 22 unit.

Tahun 2011 sebanyak 4 unit, tahun berikutnya 22 unit, kemudian 32 unit, tahun 2014 sebanyak 100 unit. Di tahun berikutnya penjualan yang dibukukan sebanyak 43 unit, tahun berikutnya 10 unit.

Setelah itu, di tahun 2017, angka penjualan yang diukir mobil elektrifikasi Lexus sebanyak 32 unit, tahun 2018 49 unit. Pada tahun 2019, angka penjualan tertinggi terpatri, yakni 102 unit, dan di tahun 2020 ini, hingga Oktober sebanyak 78 unit.

Ilustrasi, Lexus RX hybrid 2019 – dok.Autoblog

Bidikan pertama segmen premium
Menyinggung peluncuran Lexus UX300e, sumber di internal Toyota Indonesia saat dihubungi Motoris di Jakarta, Rabu (18/11/2020) pagi menyebut Indonesia akan menjadi negara pertama di kawasan Asia Pasiifik yang meluncurkan SUV listrik Lexus tersebut, setelah mobil itu diluncurkan di Cina saat hajatan Guangzhou Auto Show 2020, April lalu.

“Peluncuran akan dilakukan pada tanggal 25 atau 26 November pekan depan. Dan Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang meluncurkannya (Lexus UX300e), di Jepang saja baru diluncurkan Januari 2021. Jadi, kehadiran kendaraan ini diharapkan menjadi trigger bagi strategi kendaraan elektrifikasi Toyota di Indonesia. Segmen kelas atas dibidik karena harga mobil listrik masih sangat mahal di kita (Indonesia),” papar dia.

Lexus UX300e, SUV listrik baterai besutan Lexus – dok.Istimewa

Sementara, Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, meski tak menyebut modelnya secara tegas, namun memastikan pihaknya segera meluncurkan mobil listrik murni (BEV) Lexus itu. Anton mengatakan TAM berencana meluncurkan kendaraan BEV melalui brand Lexus, yang nantinya akan dijual secara ritel.

“Setelah sebelumnya kami menghadirkan hybrid electric vehicle dan plug-in hybrid electric vehicle, kami TAM akan melengkapinya dengan menghadirkan teknologi BEV, Dan model pertama dari brand Lexus,” kata dia dalam konferensi pers virtual tentang perkembangan teknologi elektrifikasi Toyota di Indonesia, yang digelar Rabu (18/11/2020).

Skema sistem penempatan baterai Lexus UX300e- dok.Istimewa

Menurut Anton, penyodoran model merek Lexus itu karena konsumen di pasar mobil mewah yang saat ini paling siap menerima mobil BEV. Setidaknya, dari sisi daya beli. “Dan kita mulai BEV ini dari Lexus, karena customer segmen premium ini yang paling siap. Sebab dari sisi harga (mobil BEV) belum affordable,” ucap dia.(Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This