Begini Penjualan Ritel Mobil Kembar Toyota – Daihatsu hingga Oktober

Begini Penjualan Ritel Mobil Kembar Toyota – Daihatsu hingga Oktober
Toyota New Agya 1.2 TRD - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Oktober tahun ini, penjualan mobil ke konsumen (ritel) di Indonesia tercatat sebanyak 453.525 unit atau ambrol 46,7% dibanding penjualan di periode sama tahun lalu, yang sebanyak 851.552 unit. Toyota dan Daihatsu menduduki peringkat pertama dan kedua dalam daftar yang paling banyak menjual ke konsumen (ritel).

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memeperlihatkan, di sepuluh bulan pertama itu, Toyota berhasil melego 141.542 unit mobil ke konsumen. Jumlah ini menjadikan Toyota mencengkeram 31,2% pangsa pasar.

Sementara, pada saat yang sama, Daihatsu yang berhasil melego 81.623 unit menempati posisi kedua. Dia juga berhasil merebut pangsa pasar sebesar 18,0%.

Toyota Rush – dok.Istimewa

Bicara soal penjualan di antara dua merek penghuni papan atas itu, tentu tak bisa terlepas dari pembicaraan kinerja mobil kembar yang sama-sama mereka jajakan. Ada empat model yang merupakan mobil kembar dengan label Toyota dan Daihatsu.

Mereka adalah, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Kemudian Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Ketiga Toyota Calya dan Daihatsu, serta yang keempat Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Lantas bagaimana performa penjualan masing-masing model kembar tersebut? Fakta berbicara, ternyata mobil kembar yang berlabel Daihatsu penjualannya masih tertinggal oleh mobil yang menggunakan baju Toyota.

Daihatsu Terios – dok.Istimewa

Toyota Avanza misalnya, dalam kurun waktu dari Januari hingga Oktober itu, mengantongi penjualan ritel sebanyak 32.059 unit. Sedangkan, Daihatsu Xenia sebanyak 7.968 unit.

Kemudian Low SUV Toyota Rush, di periode itu, membukukan penjualan ritel sebanyak 26.583 unit. Saudara kembarnya, Daihatsu Terios sebanyak 11.891 unit.

Varian MPV mobil murah ramah lingkungan (LCGC) Toyota Calya pada rentang waktu yang sama terjual ke konsumen hingga 22.944 unit. Kembarannya, Daihatsu Sigra 21.700 unit.

LCGC Astra Daihatsu Ayla – dok.Istimewa

Masih di kategori LCGC, Toyota Agya di sepuluh bulan pertama itu terjual ritel sebanyak 10.625 unit. Adapun, Daihatsu Ayla di saat yang sama membukukan penjualan ritel sebanyak 10.478 unit.

Namun, seperti yang diungkap Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, perolehan pangsa pasar selama Januari – Oktober tahun ini meningkat lumayan dibanding periode sama tahun 2019. Jika di tahun lalu masih sebesar 16,9%, tahun ini mencapai 18%.

LCGC Toyota Calya – dok.Motoris

“Kami bersyukur penjualan Daihatsu hingga Oktober tetap mencatatkan hasil positif,” kata Amelia dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Rabu (11/11/2020) lalu. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This