Penjualan Ritel di Oktober: Suzuki XL7 dan Honda BR-V Jauh Tertinggal Toyota Rush

Penjualan Ritel di Oktober: Suzuki XL7 dan Honda BR-V Jauh Tertinggal Toyota Rush
Suzuki XL7 - dok.PT SIS

Jakarta, Motoris – Sepanjang bulan Oktober kemarin, penjualan mobil Suzuki ke konsumen (ritel) tercatat sebanyak 5.715 unit. Keterangan resmi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim, dari total penjualan tersebut 11% di antaranya,atau sebanyak 629 unit merupakan Low SUV Suzuki XL7.

“Meski pasar otomotif sedang lesu, namun capaian penjualan Suzuki perlahan-lahan semakin stabil. Di bulan September dan Oktober, kami berhasil mencatat angka penjualan mendekati 6.000 unit. Tentunya hal ini juga berkat kepercayaan masyarakat yang memilih produk Suzuki sebagai kendaraan andalan,” kata 4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Jumat (20/11/2020) itu.

Angka penjualan Suzuki XL 7 ini jauh lebih lebih banyak ketimbang penjualan ritel yang dipatri Honda B-RV. Data penjualan ritel mobil Suzuki sepanjang bulan Oktober yang dirilis PT Honda Prospect Motor (HPM) belum lama ini memperlihatkan, pada bulan itu hanya 155 unit Honda BR-V yang laku dipinang konsumen.

Honda BR-V yang dipasarkan di Indonesia – dok.Motoris

Padahal, total penjualan ritel Honda yang dijajakan oleh PT HPM sepanjang bulan tersebut mencapai 6.561 unit. Jumlah ini diklaim naik 12% dibanding total penjualan ritel yang dibukukan pada bulan sebelumnya.

Namun, penjualan ritel Suzuki XL7 ini masih sangat jauh di bawah penjualan ritel yang dibukukan oleh Low SUV Toyota Rush. Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di bulan Oktober, Toyota Rush laku 2.490 unit dibeli konsumen.

Jumlah ini sekaligus menempatkan Toyota Rush sebagai mobil terlaris Toyota (penjualan ritel) kedua dari total penjualan ritel Toyota yang sebanyak 13.466 unit. Bahkan, sepanjang Januari hingga Oktober Toyota Rush masih tercatat sebagai penguasa pasar ritel Low SUV di Tanah Air.

Toyota Rush – dok.Istimewa

Di rentang sepuluh bulan pertama itu Toyota Rush terlego ke konsumen sebanyak 26.583 unit. Ia juga tercatat telah jauh meninggalkan saudara kembarnya, Daihatsu Terios yang di kurun waktu itu membukukan penjualan ritel sebanyak 11.891 unit. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This