Jauh di Bawah Avanza, Penjualan Ritel Ertiga Ditekuk Mobilio

Jauh di Bawah Avanza, Penjualan Ritel Ertiga Ditekuk Mobilio
Suzuki All New Ertiga - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil ke konsumen (ritel) di Indonesia sepanjang Oktober kemarin meningkat dibanding bulan September. Namun, jika dibanding penjualan selama Oktober tahun 2019, penjualan ritel tahun ini masih ambrol cukup dalam.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, jumlah mobil yang dibeli konsumen (ritel) pada Oktober tahun ini sebanyak 46.129 unit, naik 5,9% dibanding September yang sebanyak 43.362 unit. Tetapi, jumlah itu anjlok 42.785 unit dibanding Oktober 2019 yang sebanyak 88.914 unit.

Di segmen pasar utama, yakni Low MPV, sejumlah merek mencatatkan kenaikan penjualan. Toyota Avanza misalnya, membukukan penjualan 2.694 unit, naik tipis dibanding penjualan September yang sebanyak 2.691 unit. Angka penjualan Oktober itu tercatat melompat jauh dibanding Agustus yang sebanyak 2.231 unit.

Ilustrasi, Honda Mobilio versi baru – dok.Motoris

Kenaikan penjualan juga dibukukan oleh Honda Mobilio. Selama Oktober Low MPV Honda itu mengantongi angka penjualan 535 unit, naik 2% dibanding September yang sebanyak 526 unit. Fakta menunjukkan, penjualan bulan September itu tumbuh 29% dibanding Agustus yang 408 unit.

Memang, jika dibanding Avanza, angka penjualan Honda Mobilio – yang dijajakan oleh PT Honda Prospect Motor – itu masih jauh tertinggal. Namun, angka penjualan ritel Mobilio ternyata lebih unggul ketimbang jumlah Suzuki Ertiga, yang di bulan Oktober itu hanya sebanyak 457 unit.

Menurut 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra, angka penjualan ritel Ertiga bulan kesepuluh itu setara dengan 8% dari total pejualan ritel Suzuki yang mencapai 5.715 unit. Ertiga yang merupakan produk buatan dalam negeri, kata Donny, juga menjadi salah satu penyokong utama penjualan Suzuki Indonesia, selain pikap Suzuki Carry dan Suzuki XL7.

Toyota Avanza – dok.PT TAM

“Angka penjualan Suzuki pada bulan Oktober lalu yang kembali stabil, ini didominasi produk-produk buatan Indonesia sebesar 95%,” ucap Donny dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Di segmen Low MPV ini Toyota Avanza ternyata tak hanya mengasapi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga saja. Dia juga jauh meninggalkan saudara kembarnya – Daihatsu Xenia – dalam penjualan ritel sepanjang Januari hingga Oktober. Sebab, selama sepuluh bulan pertama itu, Daihatsu Xenia hanya mengoleksi penjualan ritel sebanyak 7.968 unit. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This