Sepuluh Bulan Jual 3,01 Juta Unit, FAW Pabrikan Terbesar di Cina

Sepuluh Bulan Jual 3,01 Juta Unit, FAW Pabrikan Terbesar di Cina
Ilustrasi, perakitan sedan merek Hongqi milik FAW Group - dok.Istimewa via Xinhuanet

Jilin, Motoris – First Automotive Works (FAW) Group Company saat ini tercatat sebagai merek penguasa pasar kendaraan roda empat atau lebih di Republik Rakyat Cina (Cina). Pabrikan milik pemerintah yang berdiri sejak 1 Juli 1953 itu sepanjang Januari – Oktober lalu berhasil menjual kendaraan (mobil penumpang dan truk) sebanyak 3,01 juta unit.

Seperti dilaporkan Xinhuanet, belum lama ini, jumlah penjualan FAW Group selama sepuluh bulan pertama itu naik 7,8% dibanding penjualan sepanjang periode sama tahun 2019. Sekadar catatan data yang dihimpun China Association of Automobile Manufacturers (CAAM) menunjukkan, sepanjang Januari – Oktober itu, sedan merek Hongqi – milik FAW Group – terjual sebanyak 153.109 unit.

Jumlah itu meroket hingga 102,7% atau bertambah banyak 100.000 unit dibanding jumlah penjualan yang dibukukan pada kurun waktu yang sama tahun 2019 lalu. Sedangkan truk Jiefang FAW di saat yang sama laku 439.000 unit atau naik 44% dibanding Januari – Oktober tahun lalu.

Ilustrasi, proses produksi truk FAW di pabrik milik FAW di Cina – dok.Istimewa via Xinhuanet

Produk pabrikan yang bermarkas di timur laut Changchun – ibukota Provinsi Jilin – itu juga dikenal dan dijajakan di Indonesia, yakni truk FAW. Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menunjukkan, sepanjang Januari hingga Juli lalu, penjualan ke konsumen (ritel) truk FAW di Indonesia mencapai 147 unit.

Jumlah itu dibukukan pada bulan Januari sebanyak 18 unit, Februari 48 unit, Maret 44 unit, dan April 17 unit. Kemudian pada bulan Mei yang sebanyak 3 unit, Juni 5 unit, dan Juli 12 unit. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This