Indomobil Resmi Kuasai 75% Saham Distributor Nissan di RI

Indomobil Resmi Kuasai 75% Saham Distributor Nissan di RI
Ilustrasi, diler Nissan - Datsun Bintaro, Tangerang Selatan - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) melalui anak perusahaannya – yakni PT IMG Sejahtera Langgeng (IMGSL) – resmi menggenggam 75% saham PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI). Perjanjian jual beli saham dalam NMDI – yakni porsi miliki Nissan Motor Indonesia (NMI) kepada PT IMGSL – yang dilakukan pada 30 September 2020 telah mendapat restu dari pemegang saham NMDI.

“Kesepakatan itu telah mendapat restu pemegang saham NMDI sesuai dengan dalam Akta Notaris pada 3 November 2020. Dengan demikian, para pihak setuju melaksanakan transaksi jual beli 257.166 saham NMDI milik NML kepada IMGSL,” bunyi keterangan IMAS dalam laporan keuangan kuartal III tahun 2020, yang dikutip Senin (22/11/2020).

Dengan demikian, kepemilikan IMGSL di NMDI meningkat dari 0,04 persen menjadi 75%. Selanjutnya, kepemilikan efektif perusahaan di NMDI menjadi 74,99%.

Ilustrasi, Nissan Kicks e-Power resmi diluncurkan di Indonesia, 2 September 2020 – dok.Istimewa

Sementara, NMI masih menjadi pemegang sama di NMDI. Komposisi yang tersisa kini sebesar 85.764 lembar atau setara dengan 25%.

Sebelumnya, Direktur Utama Indomobil Sukses Internasional Jusak Kertowidjojo menegaskan, bisnis utama perseroan adalah otomotif. Dia mengklaim IMAS cukup kuat di lini usaha kendaraan komersial dengan merek Hino.

Selain itu, perseroan membuat bisnis logistik sejak dua tahun terakhir. Perseroan bermitra dengan perusahan logistik terbesar di Jepang, Seino, dengan komposisi kepemilikan Indomobil 75% dan Seino 25%.

Ilustrasi, Nissan New Livina yang dijual oleh PT Nissan Motor Indonesia – dok.Motoris

“Saat ini dari jumlah truk yang ada, sudah menjadi yang terbesar di Indonesia, memiliki sekitar 5.400 truk. Bila dikembangkan terus, akan menjadi bisnis yang sangat signifikan untuk perusahaan,” kata dia. (Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This